Hohenstein-Ernstthal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hohenstein-Ernstthal adalah sebuah kota di distrik pedesaan Zwickau, Negara Bagian Sachsen, Jerman. Kota Hohenstein dan Ernstthal disatukan pada tahun 1898,[1] dan kota ini dikenal dengan bentuk tanda hubungnya, atau hanya disebut Hohenstein.

Kota ini berkembang pada abad ke-15 setelah perak tambang didirikan di dekatnya. Ernstthal dinamai untuk menghormati Agustus Ernst von Schoenburg.

Fisikawan Gotthilf Heinrich von Schubert dan penemu Christoph Gottlieb Schröter lahir di Hohenstein.[1] Penulis Karl May lahir di Ernstthal. Rumah kelahirannya adalah museum.

Selain itu, Hohenstein-Ernstthal sangat terkenal dengan sirkuit balap Sachsenring.

Per 2013 Lars Kluge adalah walikota Hohenstein-Ernstthal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-15, kota Hohenstein didirikan setelah perak ditemukan dan ditambang di sana. Nama tersebut konon diambil dari frasa ″uff dem hohen Stein″ (di atas batu karang yang tinggi), yang digunakan para pemukim pertama saat mereka melihat gunung Pfaffenberg. Pada 1680 beberapa orang dari Hohenstein pindah ke hutan dekat kota untuk menghindari bahaya wabah. Permukiman itu kemudian dinamai Ernstthal (lembah Ernst) setelah August Ernst von Schönburg. Kedua kota itu bersatu pada tahun 1898, sehingga menjadi Hohenstein-Ernstthal. Selama penambangan perak abad ke-19 dan ke-20 menjadi kurang efisien, sehingga industri tekstil menjadi lebih penting. Pada 1999, Wüstenbrand menjadi bagian dari Hohenstein-Ernstthal.[2]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Hohenstein-Ernsthal terletak sekitar 15 kilometer (9,3 mi) di sebelah barat Chemnitz. Pegunungan Ore menjulang di selatan kota. Titik tertinggi dari Hohenstein-Ernstthal adalah Pfaffenberg di utara kota dengan ketinggian 479 meter (1.572 ft).

Walikota[sunting | sunting sumber]

  • 1994-2012 Erich Homilius
  • sejak 2012 Lars Kluge (CDU), ia terpilih pada September 2012 dengan 91,9% suara.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Hohenstein-Ernstthal berbatasan dengan Bundesautobahn 4. Ada 2 stasiun kereta api, Stasiun Hohenstein-Ernstthal dan Stasiun Wüstenbrand, keduanya di Kereta Api Dresden–Werdau.

Orang-orang Terkenal[sunting | sunting sumber]

Gotthilf Heinrich von Schubert
Karl May di 1907

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b  Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Hohenstein". Encyclopædia Britannica. 13 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 575. 
  2. ^ "Gebietsänderungen vom 01.01. bis 31.12.1999" (dalam bahasa Jerman). Kantor Statistik Federal Jerman.