Hisako, Putri Takamado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hisako
憲仁親王妃久子
Princess Takamado
Princess Takamado at TEDxTokyo 2009 opening cropped.jpg
Princess Takamado pada 22 Mei 2009
Lahir10 Juli 1953 (umur 66)
Tokyo, Jepang
WangsaKeluarga Kekaisaran Jepang
Nama lengkap
Hisako (久子)
AyahShigejiro Tottori
IbuFumiko Tomoda
PasanganNorihito, Pangeran Takamado
(1984-2002; kematiannya)
AnakPutri Tsuguko dari Takamado
Putri Noriko dari Takamado
Putri Ayako dari Takamado
AgamaShinto

Hisako, Putri Takamado (憲仁親王妃久子, Norihito Shinnōhi Hisako), née Hisako Tottori (鳥取久子, Tottori Hisako, kelahiran 10 Juli 1953), adalah anggota Keluarga Kekaisaran Jepang sebagai janda dari Norihito, Pangeran Takamado.

Latar belakang dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dia adalah putri sulung dari industrialis Jepang Shigejiro Tottori. Hisako bersama dengan ayahnya ke Inggris, ketika ia ditransfer untuk pekerjaan, meskipun masih anak-anak, menjadi fasih dalam berbahasa Inggris. Dia kemudian lulus dari Perguruan Tinggi Girton, Universitas Cambridge di Inggris pada tahun 1975 dengan gelar sarjana di bidang antropologi dan arkeologi. Setelah kembali ke Jepang, dia memperoleh posisi yang bekerja untuk sebuah perusahaan penerjemahan, tetapi segera kembali ke Inggris untuk belajar tentang terminologi hukum yang digunakan dalam undang-undang. Dia kembali ke Jepang lagi pada tahun 1982. Setelah ia kembali, ia disewa untuk membantu Pangeran Mikasa sebagai penerjemah dan asisten di Asia-Afrika Utara Simposium Kebudayaan Internasional ke-31. Putri Takamado menerima gelar PhD dalam bidang seni dari Universitas Seni Osaka pada bulan Februari 2012.

Pernikahan dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Pada 23 April 1984, ia diundang ke sebuah resepsi yang diadakan oleh Kedutaan Besar Kanada di Tokyo, dimana ia pertama kali bertemu dengan Pangeran Norihito. Dewan Rumah Tangga Kekaisaran mengumumkan pertunangan mereka pada 1 Agustus 1984. Upacara pertunangan formal mereka diadakan pada 17 September 1984, dan pernikahan mereka diadakan pada 6 Desember 1984. Pangeran dan Putri tersebut memiliki tiga putri:

  • Putri Tsuguko (承子女王, Tsuguko Joō, kelahiran 8 Maret 1986)
  • Putri Noriko (典子女王, Noriko Joō, kelahiran 22 Juli 1988), menikah dengan Kunimaro Senge, seorang pendeta di Kuil Besar Izumo Taisha pada tanggal 5 Oktober 2014, dia kehilangan gelar kebangsawannya dan meninggalkan Keluarga Kekaisaran Jepang berdasarkan Undang-Undang Rumah Tangga Kekaisaran 1947, mengambil nama keluarga suaminya dan menjadi dikenal sebagai Noriko Senge (千家典子 Senge Noriko)[1]
  • Putri Ayako (絢子女王, Ayako Joō, kelahiran 15 September 1990)
Putri Takamado saat berjalan menuju gereja kastil di Istana Kerajaan di Stockholm sebelum pernikahan Putri Madeleine dari Swedia dan Christopher O'Neill pada Juni 2013.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]