Hiro Band

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkas:Hiro Band (Nasyid Milenial).jpg
Grup beranggotakan Bakhes (vokal), Udet (keyboard/Rap), dan Reggie (gitar dan backing vocal) ini mengajak milenial memperdalam ilmu agama dan melakukan dakwah melalui musik.

Grup beranggotakan Bakhes Igirisa (Vokal), Udet Neo (Keyboard/Rap), dan Reggie Chasmala[1] (Guitar, Bass, Synth, Loops dan Backing Vocal) ini mengajak milenial memperdalam ilmu agama dan melakukan dakwah melalui musik. Nama HIRO berasal dari Gua Hiro, tempat di mana Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu pertama. Kala itu, Nabi Muhammad SAW belajar dengan malaikat Jibril, lalu menyampaikan wahyu tersebut kepada umat Islam. "Grup musik Hiro juga belajar ilmu-ilmu agama lalu menyampaikannya ke masyarakat lewat musik," ujar Bhakes, mengutip Republika.

Mengusung genre electronic dance music (EDM), yang disesuaikan dengan selera pasar karena sasarannya kaum milenial, HIRO memasukkan pesan dakwah di balik penggalan lirik lagunya. Reggie menyebut, sasaran dakwah Hiro juga menyasar orang-orang yang jarang ke masjid tapi menyukai musik.

Bakhes mengatakan bahwa tidak harus menjadi ustaz lebih dulu baru bisa berdakwah. Menurutnya, dakwah itu bisa dilakukan sesuai dengan profesi apa saja dan tidak bersifat memaksa. Dakwah juga mengajak hati umat Islam agar kembali kepada Allah SWT.[2]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  1. Jumat Berkah
  2. Halal is My Life
  3. Hijrah Anthem
  4. Makna Bahagia, bersama Yuk Ngaji
  5. Lebaran, bersama Quinn Salman
  6. Together We Achieve More
  7. Harta, Tahta, Kuota
  8. Indahnya Berjamaah, bersama Kajian Musawarah

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Reggie Chasmala – Profesional Freelance Musician" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-31. 
  2. ^ "Mengenal HIRO, Grup Nasyid Milenial yang Berdakwah Lewat Musik". https://www.dreamers.id. Diakses tanggal 2021-08-31.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)