Lompat ke isi

Hidangan Koryo-saram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seorang penjual yang menjual hidangan Koryo-saram di Almaty, Kazakhstan. Dua hidangan yang paling dekat dengan kamera adalah morkovcha (2007)

Koryo-saram adalah etnis Korea yang berasal dari negara bekas Uni Soviet. Mereka mempunyai gaya masakan khas yang diturunkan dari masakan Korea dan dipengaruhi oleh masakan dari berbagai negara tempat mereka tinggal. Mereka sering dianggap berbeda dari orang Korea Sakhalin, kelompok Korea lain dari bekas Uni Soviet yang memiliki masakan mereka sendiri.

Masakan ini telah mencapai popularitas yang signifikan di seluruh bekas Uni Soviet, dengan hidangan seperti morkovcha banyak tersedia di toko bahan makanan. Namun, yang mengejutkan beberapa pengunjung dari Rusia, masakan ini sebenarnya tidak dikenal di Korea Selatan. Beberapa orang juga menganggap masakan ini sangat berbeda dengan masakan Korea Selatan, terutama karena masakan ini sebagian besar berasal dari masakan daerah yang sekarang berada di Korea Utara.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Dari masakan daerah Korea, masakan Koryo-saram paling erat hubungannya dengan masakan provinsi Hamgyong, sekarang di Korea Utara. Pasalnya, banyak Koryo-saram yang merupakan keturunan masyarakat daerah tersebut.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Kwang-kyu (2000), Overseas Koreans, Seoul: Jimoondang, hlm. 249, ISBN 89-88095-18-9