Herodes dari Chalcis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Koin Herodes dari Chalcis, menunjukkan Herodes dari Chalcis dengan saudaranya Agrippa dari Yudea memahkotai Kaisar Romawi Claudius.

Herodes dari Chalcis (meninggal tahun 48 M), juga dikenal sebagai Herodes V, merupakan putra Aristobulus IV, dan cucu laki-laki Herodes yang Agung, Raja klien Romawi dari Yudea. Ia merupakan saudara Herodes Agrippa I dan Herodias.

Ia diberikan tahta kepemimpinan atas Chalcis, sebuah kerajaan dibagian utara Yudea, sebagai Tetrarki. Setelah kematian saudaranya, ia juga diberikan tanggung jawab atas Kuil Yerusalem, dan juga pelantikan Imam Besar Yahudi. Ananias dilantik olehnya.

Ia menikah dengan sepupunya, Mariamne[1] dan mereka memiliki seorang putra yang juga dinamakan Aristobulus, yang akhirnya menjadi seorang pemimpin di Chalcis.

Setelah kematian Mariamne, ia menikahi keponakannya Berenice, dan mereka memiliki dua orang putra, Berenicianus dan Hyrcanus.

Setelah kematiannya kekuasaannya diberikan kepada Herodes Agrippa II.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ This Mariamne was the daughter of Joseph ben Joseph (nephew of Herod) and Herod's daughter Olympias, who was the sister of Herod Archelaus and Herod Antipas. See Antiquites XVIII 5:4.
Herodes dari Chalcis
Jabatan baru Tetrarki dari Chalcis
– 48 M
Diteruskan oleh:
Agrippa II