Hercule Mériadec

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hercule Mériadec
Adipati Rohan-Rohan
Pangeran Soubise
Hercule Meriadec, princ z Rohanu, princ de Soubise (1669 - 1749).jpg
Lahir 8 Mei 1669
Paris, Perancis
Mangkat 26 Januari 1749 (umur 79)[1]
Rue de Paradis, Paris, Perancis
Nama lengkap
Hercule Mériadec de Rohan
Ayah François, Pangeran Soubise
Ibu Anne de Rohan-Chabot
Pasangan Marie-Sophie de Courcillon
Anne-Geneviève de Lévis
Anak
Louise Françoise, Adipati La Meilleraye
Charlotte Armande, Kepala Biarawati Jouarre
Jules, Pangeran Soubise
Marie Isabelle, Adipati Tallard
Louise, Putri Guéméné

Hercule Mériadec de Rohan (8 Mei 1669 – 26 Januari 1749), bergelar Adipati Rohan-Rohan (dari tahun 1717), merupakan seorang anggota Wangsa Rohan. Ia menikah dua kali dan kakek Maréchal de Soubise. Istri pertamanya adalah putri Madame de Ventadour. Ia dikenal di dalam teks kontemporer sebagai pangeran Rohan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Paris, ia adalah putra keempat dari kesebelas anak François, Pangeran Soubise merupakan pendiri garis keturunan Wangsa Rohan. Keluarganya menyatakan bahwa mereka adalah keturunan dari Adipati Bretagne yang memerintah[2] dan di istana Perancis, diizinkan memegang gelar Pangeran Asing. Ini memperbolehkan mereka menyandang gelar Yang Mulia dan memiliki hak istimewa lainnya di istana.

Ibundanya, Anne de Rohan-Chabot pernah menjadi gundik Louis XIV dari Perancis. Pada saat itu, diduga bahwa adiknya Armand-Gaston-Maximilien sesungguhnya adalah putra Louis XIV. Ibunda Hercule Mériadec membeli kemaharajaan Soubise ke keluarga, dan menggelari diri mereka sendiri sebagai Pangeran. Anne Julie sendiri bergelar Putri Soubise Suo jure.

Sebagai putra kedua, Hercule Mériadec menjadi pewaris tetap pada tahun 1689 saat kakandanya Louis meninggal pada usia 22 tahun. Ia bergelar Pangeran Maubuisson sampai tahun 1714 saat ia dilantik sebagai Adipati Rohan-Rohan (berlawanan dengan Adipati Rohan, gelar yang dipegang oleh sepupunya).

Ia menikah dua kali. Pertama dengan Anne Geneviève de Lévis, putri Louis Charles de Lévis dan Charlotte de La Motte Houdancourt (lebih dikenal sebagai Madame de Ventadour, pengasuh Louis XV kecil). Anne Geneviève yang menjanda pada tahun 1692 menikah dengan Louis de La Tour d'Auvergne, putra Godefroy Maurice de La Tour d'Auvergne dan Marie Anne Mancini. Ia tewas di medan perang, ia dan Hercule Mériadec menikah di Paris pada tanggal 15 Februari 1694.[1]

Istri pertamanya oleh Nicolas de Largillière.
Istri keduanya oleh Nattier.

Pernikahan tersebut membuahkan lima orang anak, tiga diantaranya beranak cucu. Ia kehilangan putra satu-satunya Jules karena cacar pada tahun 1724 juga menantunya Anne Julie de Melun. Cucunya, Charles, Pangeran Soubise lahir pada tahun 1710[1] dan setelah kematian orangtuanya, dibesarkan oleh Hercule Mériadec sendiri untuk menjadi orang istana. Charles kemudian bersahabat erat dengan Louis XV dari Perancis dan kakek buyut Adipati Enghien yang tewas terbunuh, melalui putri sulungnya Charlotte. Putri keduanya Charlotte Armande adalah kepala biarawati Jouarre. Charlotte Armande menggantikan bibinya Anne Marguerite de Rohan sebagai kepala biarawati pada tahun 1721.

Ia hidup lebih lama dari istrinya [1] 22 tahun, Anne Geneviève meninggal pada bulan Maret 1727. Hercule Mériadec menikah lagi pada tanggal 2 September 1732 dengan Marie Sophie de Courcillon yang lahir pada tahun 1713, ia adalah gundik Louis-François-Armand de Vignerot du Plessis de Richelieu. Marie Sophie adalah putri Philippe Egon de Courcillon dan Putri Sophia dari Löwenstein-Wertheim-Rochefort. Ia juga merupakan cucu Philippe de Courcillon, Markis Dangeau.

Ia meninggal di Rue de Paradis, Paris.[3] Cucunya, Charles menggantikannya dengan gelar Rohan-Soubise.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Gelar[sunting | sunting sumber]

  • 8 Mei 1669 – 18 Desember 1714 Yang Mulia Pangeran Maubuisson
  • 18 Desember 1714 – 26 Januari 1749 Yang Mulia Adipati Rohan-Rohan

Referensi dan catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d van de Pas, Leo. "Hercule Mériadec de Rohan". Genealogics .org. Diakses tanggal 2010-04-08. 
  2. ^ By the time of Hercule Mériadec's birth, the Duchy of Burgundy had long been absorbed into the Kingdom of France which was then ruled by the House of Bourbon. Louis XIV was on the throne at the time of his birth
  3. ^ von Rosen, Laurent Tahon. "Ducs de France: les 32 quartiers des ducs français et de leurs épouses". Googlebooks.org. Diakses tanggal 2010-04-07.