Henry Stanley, 3rd Baron Stanley of Alderley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Henry Edward John Stanley, 3rd Baron Stanley of Alderley dan 2nd Baron Eddisbury (11 July 1827 – 11 December 1903), adalah seorang sejarawan yang menerjemahkan Perjalanan keliling dunia pertama oleh Magellan dan karya lainnya dari Age of Discovery. Seorang Muslim muallaf, pada tahun 1869 Lord Stanley merupakan Muslim pertama dari House of Lords.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1862 Ia memeluk islam dan mengadopsi nama Abdul Rahman. Lord Stanley adalah Muslim pertama anggota dari House of Lords.

Pewarisan gelarnya pada tahun 1869 atas kematian ayahnya Edward John Stanley, 2nd Baron Stanley of Alderley. Ibunya, Henrietta Stanley, Baroness Stanley of Alderley, Ia adalah ahli mendidik, sementara saudara perempuannya Katherine merupakan ibu dari Bertrand Russell. Adiknya Edward Lyulph Stanley menggantikannya. Karena alkohol dilarang di Islam. Ia rupanya memerintahkan untuk penutupan dari semua public houses di tanah miliknya di Nether Alderley, South Alderley Edge (Kemudian dinamakan Chorley). Meskipun keyakinan barunya, Ia mendanai restorasi Anglesey of St Mary's Church, Bodewryd, Llanbadrig Church di Cemaes, St Dona's Church, Llanddona dan St Peirio's Church, Rhosbeirio.

Henry Edward John Stanley adalah seorang yang bersungguh-sungguh dan muslim yang taat, yang dikenal hanya sedikit orang. Ia telah lama bersungguh-sungguh pada prinsip-prinsip islam. Is tak hanya regular sholat lima waktu tapi juga konstan melakukan tahajjud dan apalagi yang luar biasa, Ia ditemukan very humble in his prayers dan jauh dari kebanyakan Muhammaddan born. Saat berbicara tentang Holy Prophet, dan dengan cinta dan respek yang dalam ia menjelaskan atau menamainya.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]