Helengrad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Helengrad adalah sebuah neologisme satirikal atau peyoratif dalam politik Selandia Baru yang diberlakukan pada ibu kota Selandia Baru, Wellington. Tetapi, sebutan ini kadang digunakan oleh oposisi dan kritikus partai Buruh untuk menggambarkan Selandia Baru secara keseluruhan dan biasanya pemerintah Buruh itu sendiri. Bulan Januari 2008, sebutan 'Helengrad' - "kata yang digunakan untuk menggambarkan tangan besi perdana menteri Selandia Baru di Wellington” - dilaporkan masuk sebagai satu dari 85 kata baru dalam kamus daring Macquarie.

Asal[sunting | sunting sumber]

Kata Helen berasal dari Helen Clark, Perdana Menteri Selandia Baru sejak 1999 hingga 2008. Sufiks -grad (-град dalam Kiril) merujuk pada kota bekas Uni Soviet yang dinamai setelah pemimpin-pemimpin politik, seperti Leningrad dan Stalingrad. Sebutan ini sering digunakan oleh oposisi politik Clark dan Partai Buruh untuk menyamakan ideologi dan pandangan politik mereka dengan sosialisme dan komunisme. Ini sama dengan sebutan "Comrade Helen", merujuk pada Helen Clark.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Sebutan ini pertama digunakan oleh seorang penelepon ke 'Politically Incorrect Show' yang dibawakan Lindsay Perigo di Radio Pacific pada 1999 atau awal 2000, dan memperoleh perhatian di lingkungan media dan politik setelah kemunculannya pada sampul majalah 'The Free Radical' Mei/Juni 2000, diterbitkan awal April, 2000.

Dalam artikel tahun 2000, berjudul "Siege of Helengrad" (Pengepungan Helengrad), suratkabar The Australian menulis bahwa "kepemimpinan Clark yang otokratik dan menjalar telah mengakibatkan Selandia Baru disebut sebagai Helengrad".[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  • Christoper Dore, "Siege of Helengrad", Weekend Australian (Australia), October 21, 2000, Sec. Features, pg. 25.
  1. ^ http://www.colinjames.co.nz/management/Management_Clark_03Aug.htm Diarsipkan 2008-10-14 di Wayback Machine. Colin James A farm girl, discipline and her helicopter Management Magazine August 2003

Pranala luar[sunting | sunting sumber]