Head Start

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Head Start adalah sebuah program dari Departemen Layanan Manusia dan Kesehatan Amerika Serikat yang menyediakan pendidikan sejak dini komprehensif, kesehatan, nutrisi, dan layanan keterlibatan orang tua untuk anak-anak berpendapatan rendah dan keluarga mereka. Sumber daya dan layanan program tersebut dirancang untuk menstabilkan hubungan keluarga, memajukan kebaikan emosional dan fisik anak, dan mendirikan lingkungan untuk mengembangkan kemampuan yang kuat.

Diluncurkan pada 1965[1] oleh pembuat dan direktur pertamanya Jule Sugarman, Head Start awalnya adalah sebuah program sekolah musim panas yang akan mengajar anak-anak berpendapatan rendah selama beberapa minggu apa yang mereka butuhkan untuk memulai sekolah dasar. Undang-Undang Head Start 1981[2] memperluas program tersebut.[3] Program tersebut direvisi saat diotorisasikan kembali pada Desember 2007. Head Start adalah salah satu program jangka terpanjang yang dialamatkan untuk dampak-dampak kemiskinan sistemik di Amerika Serikat dengan ikut membantu anak-anak. Pada akhir 2005, lebih dari 22 juta anak ikut terlibat. Direktur saat ini dari Head Start adalah Blanca Enriquez, yang dilantik pada 2015.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Currie, J.; Thomas, D. (1995). "Does Head Start Make A Difference?" (PDF). American Economic Review. 85 (3): 341. 
  2. ^ FDA. Memorandum of Understanding.
  3. ^ Gonzalez-Mena, Janet (2009). Child, Family, and Community (edisi ke-Fifth). Pearson Education. ISBN 978-0135132302. 
  4. ^ Smith, Linda (2 April 2015). "Welcome the New Office of Head Start Director". Administration for Children and Families. U.S. Department of Health & Human Services. Diakses tanggal 5 March 2016. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Scott Stossel. Sarge: The Life and Times of Sargent Shriver, 2004, Smithsonian Books, Washington.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]