Lompat ke isi

Hari Satwa Liar Sedunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hari Satwa Liar Sedunia atau World Wildlife Day adalah sebuah hari peringatan yang diadakan setiap tahun pada tanggal 3 Maret untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat yang diberikan satwa dan tumbuhan liar di dunia untuk kehidupan manusia dan kesehatan planet bumi. Peringatan tersebut berawal pada tanggal 20 Desember 2013. Pada sesi ke-68, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 3 Maret sebagai Hari Satwa Liar Sedunia.

Tanggal 3 Maret dipilih sebagai Hari Satwa Liar Sedunia berdasarkan hari pengesahan Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah pada tahun 1973. Konvensi tersebut merupakan perjanjian internasional antara pemerintah untuk memastikan bahwa perdagangan internasional spesimen hewan dan tumbuhan liar tidak mengancam kelangsungan hidup spesies tersebut.

Sesuai dengan konvensi tersebut, badan-badan PBB, organisasi sektor swasta, filantropi dan organisasi non-pemerintah terus bekerja untuk konservasi, penggunaan satwa liar yang berkelanjutan, dan dalam memerangi perdagangan ilegal dan menipisnya satwa liar. Hari Satwa Liar Sedunia pertama kali diperingati pada 3 Maret 2014. Hari Satwa Liar Sedunia diperingati setiap tahun dan telah menjadi acara tahunan global terpenting yang didedikasikan untuk satwa liar di dunia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]