Lompat ke isi

Hari Perempuan dan Anak Perempuan Sedunia di Bidang Sains

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hari Perempuan dan Anak Perempuan Sedunia di Bidang Sains atau International Day of Women and Girls in Science adalah sebuah hari peringatan yang diadakan pada tanggal 11 Februari setiap tahunnya. Peringatan tersebut digagas oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) dan UN Women. Tujuan peringatan tersebut adalah untuk mengakui peran penting perempuan dan anak perempuan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, dan matematika (science, technology, engineering, and mathematics/STEM).

Pada tanggal 14 Maret 2011, Komisi Status Perempuan mengadopsi sebuah laporan pada sidang yang ke-55. Sidang tersebut, mengambil suatu kesimpulan yang disepakati, yakni mengenai akses dan partisipasi perempuan dan anak perempuan dalam pendidikan, pelatihan serta ilmu pengetahuan dan teknologi, serta untuk mendorong kesetaraan akses bagi perempuan, menuju kesempatan kerja penuh dan pekerjaan yang layak.

Pada tanggal 22 Desember 2015, Majelis Umum PBB menetapkan Hari Internasional Perempuan dan Anak Perempuan dalam Sains untuk mengakui peran penting perempuan dan anak perempuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui Resolusi A/RES/70/212.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]