Lompat ke isi

Hari Logika Sedunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hari Logika Sedunia atau World Logic Day adalah hari yang secara internasional diperingati pada tanggal 14 Januari setiap tahunnya. Hari tersebut diproklamasikan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sejak 2019. Hari tersebut diperingati dalam rangka membawa sejarah intelektual, implikasi praktis, dan signifikansi konseptual logika untuk menjadi perhatian khusus kepada komunitas sains hingga masyarakat umum.

Hari Logika Sedunia dikonseptualisasikan oleh Logica Universalis Association (LUA) dan dirayakan untuk pertama kalinya pada 14 Januari 2019, sebelum proklamasi resminya. Hari tersebut bermula saat Konferensi Umum UNESCO ke-40 pada 26 November 2019. UNESCO memproklamasikan tanggal 14 Januari sebagai Hari Logika Sedunia.

Hari Logika Sedunia ini mendukung perkembangan logika melalui pengajaran dan penelitian, serta diseminasi publik dari disiplin. Tanggal 14 Januari sebagai Hari Logika Sedunia dipilih berdasarkan dengan tanggal kematian Kurt Gödel dan tanggal lahir Alfred Tarski, dua ahli logika paling terkemuka di abad ke-20. Pada mulanya, UNESCO bersama International Council for Philosophy and Human Sciences (CIPSH) pernah melakukan kolaborasi untuk menetapkan Hari Logika Sedunia pada November 2019. Meski begitu, peringatan Hari Logika Sedunia ditetapkan pada 14 Januari setiap tahunnya sejak 2019.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]