Hari Kemerdekaan (Sri Lanka)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hari Nasional
Nama resmiHari Nasional Sri Lanka
ශ්‍රී ලංකා ජාතික දිනය
இலங்கையின் தேசிய தினம்
Dirayakan olehSri Lanka
JenisNasional
MaknaMemperingati kemerdekaan Sri Lanka dari Britania Raya pada tahun 1948
PerayaanParade Hari Nasional dan pidato dari Presiden Sri Lanka
Tanggal4 Februari
FrekuensiTahunan

Hari Nasional, juga dikenal sebagai Hari Kemerdekaan,[1] adalah hari libur nasional Sri Lanka yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 4 Februari untuk memperingati kemerdekaan negara tersebut dari kekuasaan Inggris pada tahun 1948. Hari ini dirayakan di seluruh Sri Lanka melalui upacara pengibaran bendera, tarian, parade, dan pertunjukan. Biasanya, perayaan utama berlangsung di Kolombo, di mana Presiden mengibarkan bendera nasional dan menyampaikan pidato nasional yang disiarkan di televisi.

Banyak perjuangan nasional yang terjadi dalam sejarah Sri Lanka. Dan di hari kemerdekaan, semua itu dikenang dan dirayakan. Namun gerakan kemerdekaan melawan Inggris secara khusus diingat.

Dalam pidato Presiden, beliau menyoroti pencapaian pemerintah selama setahun terakhir, mengangkat isu-isu penting dan memberikan seruan untuk pengembangan lebih lanjut. Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan nasional Sri Lanka, mengheningkan cipta selama dua menit untuk mengenang mereka, tantangan dan sumpah untuk memberantas separatisme. Parade militer besar juga dibuat. Dalam beberapa tahun terakhir, tempat ini memamerkan kekuatan Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Polisi dan Pasukan Pertahanan Sipil. Komitmen, keberanian, persatuan bangsa, dan tekad untuk mencapai perdamaian teringat di benak masyarakat, yang juga berterima kasih kepada orang-orang yang telah berjuang dan menyerahkan nyawanya untuk negara.

Perayaan[sunting | sunting sumber]

Ada juga nyanyian dan pertunjukan yang menampilkan persatuan dan budaya nasional. Perayaan keagamaan juga dilakukan di banyak tempat ibadah di seluruh negeri, mengharapkan perdamaian dan kemakmuran bagi negara, rakyat, dan tiga kekuatan. Media nasional juga berupaya menyebarkan ide-ide seperti keberanian, kepercayaan diri, dedikasi, persatuan nasional, patriotisme, nasionalisme, perdamaian, tanggung jawab nasional, dan kesadaran akan sejarah nasional di benak masyarakat.

Secara tradisional, Angkatan Laut Sri Lanka memberikan 21 penghormatan senjata kepada negara dari senjata angkatan laut seremonial di Mercusuar Kolombo. Google Doodle yang menjangkau Sri Lanka merayakan peristiwa ini pada tahun 2013 dan mulai tahun 2017 secara terus menerus.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Independence Day celebration to be named as National Day Celebration, ColomboPage.com, 23 January 2019 
  2. ^ "Sri Lanka Independence Day 2021". google.com. Diakses tanggal 25 February 2021.