Hardtop lipat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Volvo C70 dengan hardtop lipat

Hardtop lipat atau disebut hardtop yang dapat ditarik, dan dalam bahasa Inggris retractable hardtop — juga dikenal sebagai "coupé convertible" atau "coupé cabriolet" — adalah mobil dengan hardtop yang dioperasikan secara otomatis dan dapat disimpan sendiri, berbeda dengan atap lipat berbahan tekstil yang digunakan dengan mobil tradisional konvertibel.

Manfaat dari peningkatan kontrol iklim dan keamanan dibandingkan dengan peningkatan kompleksitas mekanik, biaya, berat dan kapasitas bagasi yang sering berkurang.

Artikel New York Times 2006 menyarankan bahwa hardtop yang dapat ditarik mungkin menandakan kematian dari convertible beratap tekstil,[1] dan artikel Wall Street Journal 2007 menyarankan "semakin banyak mobil konvertibel menghindari atasan kain lembut demi atap logam lipat yang canggih, membuatnya praktis di semua iklim, sepanjang tahun."[2]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama nyt
  2. ^ Vella, Matt (26 April 2007). "Convertibles with Hard Tops". The Wall Street Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-09. Diakses tanggal 3 February 2014.