Hardjono H.P.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hardjono H.P. (lahir di Kediri, Jawa Timur, tanggal 19 Juli 1939) adalah Sastrawan Jawa Zaman Kemerdekaan.[1] Sebagian karya Hardjono sempat menarik perhatian para ahli. Subalidinata pernah meneliti karya-karya Hardjono H.P. berjudul "Sekelumit Tinjauan Novel Jawa Modern"

Latar Belakang Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Hardjono H.P., atau lengkapnya Hardjono Hadipranoto, menempuh pendidikan terakhirnya di Jurusan Ilmu Publistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta ( tamat 1966).

Karier kepengarangannya dimulai sejak ia masih menjadi mahasiswa. Selain menulis karya sastra, ia juga menulis esai dan artikel budaya. Sebelum menjadi dosen di Jurusan Sastra Nusantara, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, Pengarang Angkatan 1950-an ini menekuni bidang jurnalistik. Selain bekerja di stasiun TVRI, ia juga menjadi wartawan di majalah Caraka, Viva, Flamboyan, dan Contessa. Di tengah-tengah kesibukannya, ia juga merangkap menjadi redaktur Balai Pustaka.

Karya[sunting | sunting sumber]

Karyanya berupa novel masuk dalam kategori Panglipur Wuyung. Cerita bersambung dan cerpennya banyak dimuat di majalah seperti Jayabaya, Gotong Royong, Panjebar Semangat, Candra Kirana, Mekar Sari, Waspada, Kumandhang, dan sebagainya.

Beberapa judul karyanya yang berupa novel :

-Ditinggal ing Perbatasan (1966)

-Udan Barat Salah Mangsa

-Kesandhung Putri Sala

-Pahlawan Putri

-Liburan Penganten Anyar

-Tibaning Katresnan

-Prawan Ungaran

-Kanggo Bumi Pertiwi

-Bebatening Persatuan

-Seniorita Hertiyanti

-Villa Putri Damayanti

-Lagune Putri Kasmaran.


Buku-buku tersebut diterbitkan oleh Burung Wali Sanga, Berdikari, Shinta Riskan, Muria, Rini, dan Mutiara sekitar tahun 1966.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Antologi biografi pengarang sastra Jawa modern. Suwondo, Tirto. (edisi ke-Cet. 1). Yogyakarta: Adiwacana. 2006. ISBN 9799960487. OCLC 224862919.