Hanussen (film 1988)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hanussen
SutradaraIstván Szabó
ProduserArtur Brauner
Judit Sugár
Ditulis olehPéter Dobai
István Szabó
PemeranKlaus Maria Brandauer
Penata musikGyörgy Vukán
SinematograferLajos Koltai
PenyuntingZsuzsa Csákány
Brigitta Kajdácsi
Bettina Rekuc
Éva Szentandrási
Tanggal rilis
6 Oktober 1988
Durasi140 menit
NegaraHungaria
BahasaHungaria

Hanussen adalah sebuah film Hungaria 1988 tentang Erik Jan Hanussen buatan István Szabó. Film tersebut dinominasikan pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik 1988. Film berbahasa Jerman tersebut dibintangi oleh Klaus Maria Brandauer. Film tersebut masuk dalam Festival Film Cannes 1988.[1]

Alur[sunting | sunting sumber]

Klaus Schneider asal Austria, yang kemudian dikenal dengan nama Erik Jan Hanussen terluka pada saat Perang Dunia I. Ketika dipulihkan oleh Dr. Emil Bettleheim (Erland Josephson), Dokter tersebut menenukan bahwa Schneider memiliki kekuatan empatik. Setelah perang, dengan salah satu temannya menjadi manajernya dan orang lainnya menjadi kekasihnya, Schneider mengubah namanya dan pergi ke Berlin untuk tampil di gedung-gedung dan teater-teater sebagai ahli hipnosis dan pembaca pikiran. Kemampuannya membuatnya mendapatkan sambutan dari pemerintah Nazi yang membuatnya terkenal dan kekuatan – serta masalahnya sendiri – untuk bertumbuh.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Acara Penerima Kategori Hasil
1988 Golden Palm Festival Film Cannes István Szabó Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Festival de Cannes: Hanussen". festival-cannes.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-16. Diakses tanggal 2009-07-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]