Hansel dan Gretel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ilustrasi karya Arthur Rackham, 1909

"Hansel dan Gretel" (/ˈhænsəl, ˈhɛn-...ˈɡrɛtəl/; juga dikenal sebagai Hansel dan Grettel, Hansel dan Grethel, atau Bocah Kecil dan Gadis Kecil; bahasa Jerman: Hänsel und Gretel (Hänsel und Grethel)[a] [ˈhɛnzl̩ ʔʊnt ˈɡʁeːtl̩]) adalah sebuah cerita dongeng terkenal dari Jerman, yang dicatat oleh Grimm Bersaudara dan terbit pada 1812. Hansel dan Gretel adalah kakak beradik muda yang diculik oleh seorang penyihir kanibalistik yang tinggal di hutan, dalam sebuah rumah yang terbuat dari kue, manisan, permen dan beberapa makanan lainnya yang tak lebih dari sebuah khayalan. Dua anak tersebut kabur dengan selamat. Kisah tersebut diadaptasi ke berbagai media, terutama opera Hänsel und Gretel (1893) karya Engelbert Humperdinck. Di bawah sistem klasifikasi Aarne–Thompson, "Hansel dan Gretel" diklasifikasikan di bawah Kelas 327.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dalam bahasa Jerman, dua nama tersebut masing-masing adalah padanan dari Johannes ("Yohanes") dan Margarete ("Margaret")

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Vajda, Edward. "The Classic Russian Fairy Tale: More Than a Bedtime Story" Western Washington University (26 May 2010).

Vajda, Edward. "The Russian Fairy Tale: Ancient Culture in a Modern Context" Western Washington University (1 February 2011).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]