Hans Fallada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Hans Fallada adalah salah satu penulis ternama berkebangsaan Jerman di awal abad 20-an. Hans lahir pada tanggal 21 Juli 1893 di Greifswald, Jerman.[1] Novel yang ia tulis kebanyakan berbahasa Jerman, dan hanya 11 buah yang diterjemahkan kedalam bahasa Inggris. Novel yang diterjemahkam dalan bahasa Inggris salah satunya adalah "Every Man Dies Alone”.

Novel ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1947. Sedangkan penerjemahan ke dalam bahasa Inggris baru dilakukan tahun 2009 oleh Michael Hoffman. Beberapa waktu setelah novel tersebut rampung ditulis, Fallada meninggal dunia di Berlin karena serangan jantung pada tanggal 5 Februari 1947.

Hans Fallada terlahir dengan nama Rudolf Wilhelm Adolf Ditzen. Nama pena-nya diambil dari tokoh dalam kisah Grimm: Lucky Hans (protagonis) dan Falada (seekor kuda) di Goose Girl. Dalam cerita tersebut, kuda Falada dikisahkan sanggup berbicara dan selalu berkata jujur. Hal itu pula yang menyebabkan si kuda terbunuh. Anehnya, setelah kuda itu dipenggal, ia masih terus saja bicara.[2]

Fallada lahir dari keluarga kelas menengah atas. Ayahnya, Wilhelm Ditzen, adalah seorang hakim, sedangkan ibunya berasal dari kalangan terdidik. Orang tuanya menyukai sastra dan musik. Falada adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Ayahnya sering membacakan cerita anak untuk Fallada dan saudaranya, termasuk juga karya Shakespeare dan Schiller.

Pada tahun 1899, ayahnya diangkat menjadi hakim agung dan keluarga Fallada memutuskan pindah dari Greifswald ke Berlin. Fallada mengalami kesulitan belajar pada awal masuk sekolah pada tahun 1901. Dia kemudian menghabiskan waktu dengan membaca buku, namun menghindari buku dengan tema yang tidak sesuai untuk usianya.

Keluarga Fallada berpindah lagi dari Berlin ke Leipzig, saat ayahnya memperoleh jabatan sebagai hakim di Mahkamah Konstitusi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hans-Fallada-Gesellschaft - Life and Work". www.fallada.de (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-09. 
  2. ^ "Hans Fallada". authorscalendar.info. Diakses tanggal 2017-11-09.