Hanako, Putri Hitachi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hanako
正仁親王妃華子
Putri Hitachi
Kelahiran19 Juli 1940 (umur 83)
WangsaKeluarga Kekaisaran Jepang
Nama lengkap
Hanako (華子)
AyahYoshitaka Tsugaru
IbuHisako Mori
PasanganMasahito, Pangeran Hitachi
AgamaShinto

Hanako, Putri Hitachi (正仁親王妃華子, Masahito Shinnōhi Hanako), née Hanako Tsugaru (津軽華子, Tsugaru Hanako, kelahiran 19 Juli 1940), adalah anggota Keluarga Kekaisaran Jepang sebagai istri dari Masahito, Pangeran Hitachi yang merupakan putra bungsu dari Kaisar Shōwa dan satu-satunya saudara mantan kaisar Akihito.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putri keempat dari Count Yoshitaka Tsugaru, perwakilan terakhir dari klan Tsugaru dan putra angkat dari daimyo Domain Tsugaru (sekarang Hirosaki, Aomori). Yoshitaka Tsugaru berasal dari garis Owari dari klan Tokugawa. Ia juga anggota aristokrasi yang dibentuk oleh restorasi Meiji (kazoku).

Ibunya, Hisako Mori, adalah keturunan dari klan Mōri dan juga mantan daimyo Domain Chōshū di bekas provinsi Nagato (sekarang Yamaguchi).

Putri Hitachi adalah keturunan dari aristokrat feodal lama. Ia adalah sepupu kedua dari kemenakan dari Kikuko, Putri Takamatsu yang merupakan keturunan dari klan Tokugawa seperti ayahnya. Ia juga sepupu kedua dari Takamasa Ikeda, mantan kepala klan Ikeda dan suami dari saudari iparnya, Atsuko Ikeda.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Hanako bertemu dengan calon suaminya, Pangeran Masahito, ketika ia menuntut ilmu di Gakushuin. Dewan Rumah Tangga Kekaisaran mengumumkan pertunangan dari Pangeran Masahito dan Hanako Tsugaru pada 28 Februari 1964 dan upacara pertunangannya diadakan pada 14 April 1964. Upacara pernikahannya diadakan pada 30 September 1964.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]