Hamedan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mausoleum Ibnu Sina di Kota Hamedan

Hamedan adalah sebuah kota di barat laut Iran , dengan populasi sekitar 550.000 jiwa. Kota ini merupakan ibukota Provinsi Hamadān , kota ini telah dihuni manusia sejak ke 3000 SM sehingga merupakan salah satu kota tertua di dunia. Nama kuno kota ini adalah Ecbatana dan Hegmatana yang pernah menjadi ibukota Kekaisaran Media. Hamedan adalah titik penyeberangan untuk rute perdagangan antara Mesopotamia dengan Persia .

Di kota ini terdapat sebuah monumen filsuf dan fisikawan Ibnu Sina yang meninggal di kota ini pada tahun 1037 . KOta ini terletak sekitar 360 km barat daya dari Teheran dan merupakan kota tua dan situs bersejarah yang menarik wisatawan.

Penduduk kota Hamadan sangat bangga dengan warisan sejarah kota. Sumber lain kebanggaan mereka adalah Ibnu Sina yang dimakamkan di Hamadan. Banyak Sekolah dasar, sekolah tinggi, dan universitas kota dinamakan Ibnu Sina. Bahkan toko-toko dan pusat perbelanjaan dinamakan Ibnu Sina. Jalan Bouali adalah salah satu jalan yang sangat sibuk dan pusat favorit masyarakat Hamadanian untuk berjalan naik dan turun jalan di mana mereka sering bertemu kenalan mereka. Kota ini memiliki penduduk sekitar 600.000 termasuk daerah luarnya. Hamadan umumnya sebuah kota makmur, distrik-distrik utara terdiri masyarakat kelas menengah bawah atau kelas pekerja, sedangkan bagian selatan kota adalah tempat kelas menengah atas dan kaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]