Hamaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hamaya yang dijual di kuil Shinto.

Hamaya (破魔矢, arti harfiah: anak panah pengusir setan) adalah anak panah pemberian (dibeli) dari kuil Shinto pada tahun baru Jepang, dan dianggap sebagai benda keberuntungan. Anak panah ini kadang-kadang dijual satu set bersama busur yang disebut hamayumi (破魔弓, busur pengusir setan).

Pada upacara menaikkan balok bubungan rumah di Jepang, hamaya dipasang di arah timur laut (kimon (鬼門)) dan barat daya yang dipercaya sebagai arah angin datangnya oni.[1] Dari zaman Edo hingga awal zaman Meiji, hadiah satu set hamaya dan hamayumi diberikan oleh sanak saudara untuk anak bayi laki-laki yang baru lahir.[1]

Tradisi membawa pulang hamaya dari kuil Shinto sewaktu melakukan hatsumode berasal dari tradisi menembakkan anak panah yang disebut jarai (射礼). Anak panah dan busur yang dipakai waktu itu adalah hamaya (はま矢 atau 浜矢) dan hamayumi (はま弓 atau 浜弓). Aksara kanji untuk menulis kata hama kemudian diganti dengan aksara kanji 破魔 (hama) yang berarti pengusir setan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Suzuki, Kentarō. "Hamaya". Encyclopedia of Shinto. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-14. Diakses tanggal 2012-12-29.