Anis bin Alwi al-Habsyi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Anis bin Alwi
Bismillahirahmanirahim
Al-Habib
Anis bin Alwi
al-Habsyi
Nama dan Gelar
Semua Gelar
Gelar
(Islam/Sosial)
Al-Habib
Nama
Nama Anis bin Alwi
Kelahirannya
Tanggal lahir (M) 5
Bulan lahir (M) Mei
Tahun lahir (M) 1928
Tempat lahir Garut
Negara lahir
(penguasa wilayah)
Garut, Jawa Barat era  Hindia Belanda
Nama ayah Habib Alwi
Nama ibu Syarifah Khadijah
Agama, Identitas, Kebangsaan
Agama Islam
Etnis (Suku bangsa)
Marga al-Habsyi
Kebangsaan Indonesia
Kewarganegaraan
Kewarganegaraan  Indonesia
Bantuan kotak info

Habib Anis bin Alwi al-Habsyi (lahir di Garut, Jawa Barat, 5 Mei 1928 – meninggal di Surakarta, Jawa Tengah, 6 November 2006 pada umur 78 tahun) adalah seorang ulama Indonesia yang dikenal di kalangan masyarakat kota Solo.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Habib Anis lahir dari pasangan Habib Alwi dan Syarifah Khadijah. Ketika berumur 9 tahun, keluarganya pindah ke Solo. Setelah berpindah-pindah rumah di kota Solo, mereka menetap di Kampung Gurawan, Pasar Kliwon, Surakarta.

Menjadi ustadz[sunting | sunting sumber]

Saat kecil, selain mendapatkan didikan dari sang ayah, Habib Anis juga pernah belajar di Madrasah Ar-Ribathah, yang juga berada di samping sekolahnya. Pada usia 22 tahun, dia menikahi Syarifah Syifa binti Thaha Assagaf. Namun, tidak lama kemudian sang ayah meninggal dunia di Palembang sehingga peranannya sebagai ulama pun digantikan Habib Anis. Karena peran inilah, Habib Anis sempat dianggap sebagai "anak muda yang berpakaian tua". Usianya masih muda, tapi sudah memerankan vital sebagai seorang ustadz/kyai, yang sepantasnya dilakukan oleh orang tua. Dia dijuluki "The Smiling Habib" dikarenakan senyum selalu menghiasi wajah dia. Penghormatan terhadap tamu juga merupakan ciri khas dia. Habib Anis selalu menjamu tamu dengan keikhlasan dia.

Selain sebagai ustadz, Habib Anis muda pun pernah berdagang batik dan memiliki kios di Pasar Klewer, Solo, yang dijaga adiknya, Habib Ali. Namun, karena kegiatan di Masjid Ar-Riyadh (masjid tempat Habib Anis menggelar pengajian) semakin banyak, usaha perdagangan batik dihentikan. Habib Anis lebih fokus pada usaha pengembangan ajaran Islam sebagai seorang ulama.

Meninggal dunia[sunting | sunting sumber]

Habib Anis meninggal pada tanggal 6 November 2006 (14 Syawal 1427 H) pukul 12.55 WIB di RS. Dr. Oen dalam usia 78 tahun karena penyakit jantung yang dideritanya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Majalah Hidayah edisi 115, Maret 2011 hal.64-68