Habeas corpus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Habeas corpus (/ˈhbiəs ˈkɔːpəs/; dalam bahasa Latin Pertengahan berarti "agar kamu memiliki tubuh")[1] adalah mekanisme pemulihan yang memungkinkan seseorang untuk melaporkan penahanan atau pemenjaraan yang melanggar hukum kepada sebuah pengadilan dan meminta agar pengadilan itu meninjau apakah penahanan itu sesuai dengan hukum atau tidak.[2] Jika penahanan terbukti melanggar hukum, maka orang itu harus dilepas.

Sistem habeas corpus bermula dari Inggris, tetapi di negara-negara dengan sistem hukum sipil juga terdapat mekanisme pemulihan serupa, tetapi mekanisme tersebut tidak selalu diberi nama habeas corpus.[3] Contohnya, di negara-negara berbahasa Spanyol, mekanisme pemulihan untuk orang yang ditahan secara sembarangan adalah amparo de libertad ("perlindungan kebebasan").

Habeas corpus memiliki beberapa kekurangan. Mekanisme ini hanya berfungsi sebagai pemulihan prosedural dan tidak melindungi hak-hak lain, seperti hak untuk memperoleh proses hukum yang adil. Meskipun begitu, habeas corpus telah lama dipuji sebagai penjamin kebebasan yang paling efisien.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "habeas corpus". Merriam-Webster. Diakses tanggal 22 April 2015. 
  2. ^ Larson, Aaron (24 July 2016). "What is Habeas Corpus". ExpertLaw (dalam bahasa English). Diakses tanggal 1 May 2017. 
  3. ^ Venn Dicey, Albert. Introduction to the Study of the Law of the Constitution. 
  4. ^ Lihat Anthony Wright (1994) Citizens and subjects: an essay on British politics, Routledge, 1994