Högna Sigurðardóttir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Högna Sigurðardóttir
Lahir6 Juli 1929
Vestmannaeyjar, Islandia
Meninggal10 Februari 2017 (age 87)
Reykjavík, Islandia
Nama lainHogna Sigurdardottir-Anspach
PekerjaanArsitek
KerabatSólveig Anspach (anak perempuan)

Högna Sigurðardóttir (lahir 6 Juli 1929 – meninggal 10 Februari 2017 pada umur 87 tahun)[1][2] adalah seorang arsitek terkemuka Islandia. Ia adalah wanita pertama yang merancang sebuah rumah di Islandia. Karier profesionalnya sebagian besar dihabiskan di Prancis.[3] Ia menjalani sebagian besar karier profesionalnya di Prancis.[4][5]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir pada tanggal 6 Juli 1929 di sebuah desa nelayan kecil di gugusan pulau vulkanik Vestmannaeyjar, tepat di selatan Islandia, Högna Sigurðardóttir membuat keputusan sejak awal untuk meninggalkan rumah dan belajar arsitektur di Paris di mana ia akhirnya akan membangun sebuah praktik.

Pada tahun 1949 Högna Sigurðardóttir menjadi orang Islandia pertama yang belajar di École des Beaux-Arts di Paris. Tak lama setelah lulus pada tahun 1960, ia merancang sebuah bangunan tempat tinggal di Kepulauan Vestmann, sehingga menjadi wanita pertama yang merancang sebuah bangunan di Islandia.[3] Namun, ia bukan wanita Islandia pertama yang kuliah arsitektur (kehormatan itu jatuh ke Halldóra Briem).[3][6] Dia mulai menonjol di Islandia, karena gaya arsitekturnya yang berani dan untuk menjadi wanita pertama di bidang yang didominasi oleh pria pada saat itu.[3]

Dia melanjutkan untuk membangun bangunan tempat tinggal lain di Reykjavík dan Kópavogur, memasang mebel dari desainnya sendiri dan menambahkan taman di atap sebagai sarana untuk menciptakan hubungan dengan lingkungan alam. Apresiasinya yang bagus terhadap lanskap dan alam dapat dilihat dengan lebih jelas di bangunan perumahan di Bakkaflöt 1 di Garðabær. Terinspirasi oleh tampilan rumah rumput tradisional Islandia, Högna Sigurðardóttir secara kreatif menggunakan metode dan bahan modern dalam menyelesaikan karyanya. Sebagai hasilnya, pada tahun 2000 bangunan ini dipilih dalam tinjauan internasional sebagai salah satu dari 100 bangunan paling penting dari abad ke-20 di Eropa Utara dan Tengah.[7][8]

Desain Högna dulu dan sampai sekarang masih dianggap sangat modern dan berani.[3][9]

Karier[sunting | sunting sumber]

Gaya[sunting | sunting sumber]

Karya Högna dikenal karena ekspresinya yang berani dan karakter yang tidak kenal kompromi. Gayanya dicirikan sebagai Arsitektur Brutalis Modern, ia terutama menggunakan beton mentah dalam desainnya. Bahan-bahan seperti batu alam, kayu, dan kulit juga digunakan dalam banyak desainnya. Karyanya menjadi menonjol melalui integrasi struktur dan interiornya secara keseluruhan; selain itu, ia mendesain bagian-bagian khusus dari proyek-proyeknya termasuk perabot, mebel, dan bahkan pot bunga. Sebagai penghormatan kepada asal-usulnya di Islandia, ia juga menerapkan hal-hal seperti taman atap khas Islandia.

Proyek[sunting | sunting sumber]

Högna dipuji karena penggabungan lansekap, bentuk, dan ruangnya. Sementara bekerja di Paris, beberapa proyeknya yang paling khas terletak di Islandia. Salah satu proyeknya yang paling populer, Rumah Bakkaflöt (1965-68), dianggap sebagai salah satu dari seratus bangunan paling luar biasa di abad ke-20 dalam buka "World Architecture: a Critical Mosaic." ("Arsitektur Dunia: Mosaik Kritis"). Menggunakan teknik Brutalis terkemuka dan penggunaan beton kontemporer bersama dengan referensi warisan bangunan kuno Islandia, rumah Bakkaflöt bersatu ke dalam lanskap sekitarnya. Rumah itu terletak di sepetak tanah kecil di Garðabær di mana bentuk luar rumah ditutupi oleh bukit-bukit buatan, hanya membuat atap datar terlihat. Bagian dalam berpusat di sekitar ruang tamu utama yang ditentukan oleh lampu langit-langit besar dan perapian. Komponen vertikal dan horizontal menentukan fitur rumah: sudut baca yang dibangun dan intim hingga pintu kaca geser dari lantai ke langit-langit. Beton mentah, besi, kayu keras berukir, dan kulit memberikan pengalaman spasial dan tekstur yang nyaman dan hangat.

Apresiasi dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Sehubungan dengan Medali Kehormatan untuk Seni Visual yang dianugerahkan kepada Högna Sigurðardóttir pada tahun 2007 oleh Museum Seni Akureyri, dinyatakan bahwa ia telah membuat "kontribusi seumur hidup yang unik untuk arsitektur Islandia" dan bahwa arsitekturnya "lebih dekat" terkait dengan lanskap Islandia, alam, dan warisan daripada karya sebagian besar arsitek kontemporer."[7][10]

Pada tahun 2008, Högna Sigurðardóttir dipilih sebagai anggota kehormatan Asosiasi Islandia.[11]

Pada tahun 1967, bersama dengan arsitek Prancis Adrien Fainsilber, Högna Sigurðardóttir memenangkan hadiah pertama karena merancang pengembangan universitas berskala besar di Villetaneuse di pinggiran utara Paris.[12] Koran-koran Islandia meliput penghargaannya secara panjang lebar; membawa ketenaran baginya di Islandia.[3]

Ia meninggal di Reykjavik.

Literatur[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Högna Sigurðardóttir látin". RÚV (dalam bahasa Inggris). 2017-02-14. Diakses tanggal 2017-02-17. 
  2. ^ "Greinasafn - Innskráning". secure.mbl.is. Diakses tanggal 2017-02-17. 
  3. ^ a b c d e f Steinsteypuöldin (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2017-01-18 
  4. ^ "Vísir - Högna Sigurðardóttir Arkítekt". visir.is (dalam bahasa Islandia). Diakses tanggal 2017-01-18. 
  5. ^ ATOM01.IS, DISILL CMS /. "/ Read article". www.icelanddesign.is (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-01-18. 
  6. ^ "Halldóra Briem EK arkitekt látin". www.mbl.is. Diakses tanggal 2017-01-18. 
  7. ^ a b "The 2007 Sjónlist Honorary Medal: Högna Sigurðardóttir" Diarsipkan 2013-02-18 di Archive.is, Akureyri Art Museum. Diakses pada 15 Februari 2012.
  8. ^ "Bakkaflöt 1 í Garðabæ friðuð" Diarsipkan 2012-08-04 di Archive.is, Husafridun.is. (dalam bahasa Islandia) Retrieved 15 February 2012.
  9. ^ "Heimþráin og ljóðrænar byggingar Högnu". RÚV (dalam bahasa Inggris). 2017-02-17. Diakses tanggal 2017-02-17. 
  10. ^ "Art and Design Shine in Akureyri" Diarsipkan 2008-06-29 di Wayback Machine., LIST Icelandic Art News, September 2007. Retrieved 16 February 2012.
  11. ^ "Einbýlishús Högnu Sigurðardóttur", dikutip dari situs web "Hönnunarmiðstöðvar Íslands".
  12. ^ "Réhabilitation de la Cité Salvador Allende à Villetaneuse", L'Observatoire CAUE de l'AUP. (dalam bahasa Prancis) Retrieved 16 February 2012.