Gulbuddin Hekmatyar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gulbuddin Hekmatyar
ګلبدین حکمتیار
Gulbuddin Hekmatyar.jpg
Masa jabatan
27 September 1996 – 11 Agustus 1997
PresidenBurhanuddin Rabbani
PendahuluPosisi dibentuk
PenggantiAbdul Rahim Ghafoorzai
Perdana Menteri Afganistan
Masa jabatan
26 Juni 1996 – 27 September 1996
PresidenBurhanuddin Rabbani
PendahuluAhmad Shah Ahmadzai (Sementara)
PenggantiMohammad Rabbani
Masa jabatan
17 Juni 1993 – 28 Juni 1994
PresidenBurhanuddin Rabbani
PendahuluAbdul Sabur Farid Kohistani
PenggantiArsala Rahmani Daulat (Acting)
Informasi pribadi
Lahir26 Juni 1947 (umur 75)
Imam Shaheb, Afghanistan
Partai politikHezb-e Islami Gulbuddin
Alma materUniversitas Kabul


Gulbuddin Hekmatyar lahir 1 Agustus 1949 adalah seorang politikus Afghanistan , mantan pemimpin mujahidin dan pengedar narkoba. Dia adalah pendiri dan pemimpin partai politik Hezb-e-Islami Gulbuddin , yang disebut setelah Mohammad Yunus Khalis berpisah dari Hezbi Islami pada 1979 untuk mendirikan Hezb-i Islami Khalis .  Dia telah dua kali menjabat sebagai Perdana Menteri selama tahun 1990-an.

Hekmatyar bergabung dengan organisasi Pemuda Muslim sebagai mahasiswa pada awal 1970-an, di mana ia dikenal karena radikalisme Islamnya ditolak oleh banyak organisasi. Dia menghabiskan waktu di Pakistan sebelum kembali ke Afghanistan ketika Perang Soviet-Afghanistan dimulai pada tahun 1979, di mana saat itu CIA mulai mendanai organisasi Hezb-e Islami-nya yang berkembang pesat melalui dinas intelijen Pakistan, ISI ,  salah satu yang terbesar dari mujahidin Afghanistan . Dia menerima lebih banyak dana CIA daripada pemimpin mujahidin lainnya selama Perang Soviet-Afghanistan.

Pada akhir 1980-an, Hekmatyar dan organisasinya mulai memperdagangkan opium dan kemudian beralih ke manufaktur heroin . Dia memantapkan dirinya dan kelompoknya di antara pemasok heroin terkemuka di timur tengah. Mengingat CIA sebelumnya memasok dia dengan senjata dan dana, ini menjadi subjek memalukan diplomatik untuk layanan luar negeri AS.  Setelah penggulingan Presiden Afghanistan yang didukung Soviet Mohammad Najibullah pada tahun 1992, Hekmatyar menolak untuk menjadi bagian dari pemerintahan baru dan, dengan panglima perang lainnya , terlibat dalam perang saudara Afghanistan , yang menyebabkan kematian sekitar 50.000 warga sipil di Kabulsendiri. Hekmatyar dituduh paling bertanggung jawab atas serangan roket di kota itu.  Sementara itu, sebagai bagian dari upaya perdamaian dan pembagian kekuasaan yang dipimpin oleh Ahmad Shah Massoud , Hekmatyar menjadi Perdana Menteri Afghanistan dari tahun 1993 hingga 1994 dan sekali lagi pada tahun 1996, sebelum pengambilalihan Kabul oleh Taliban memaksanya untuk melarikan diri ke ibukota Iran , Teheran .

Beberapa saat setelah jatuhnya Taliban pada tahun 2001 ia pergi ke Pakistan, memimpin pasukan paramiliternya ke dalam kampanye bersenjata yang gagal melawan pemerintah Hamid Karzai dan koalisi internasional di Afghanistan.  Pada tahun 2016, ia menandatangani kesepakatan damai dengan pemerintah Afghanistan dan diizinkan kembali ke Afghanistan setelah hampir 20 tahun di pengasingan.

Menyusul runtuhnya Republik Islam Afghanistan , pada 17 Agustus 2021, Hekmatyar bertemu dengan Hamid Karzai , mantan Presiden Afghanistan , dan Abdullah Abdullah , mantan Ketua Dewan Tinggi Rekonsiliasi Nasional dan mantan Kepala Eksekutif , di Doha untuk membentuk sebuah pemerintahan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]