Gula semut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Gula semut merupakan gula merah versi bubuk dan sering pula disebut orang sebagai Gula Kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon Kelapa atau pohon Aren]] (enau). Karena kedua pohon ini masuk jenis tumbuhan palmae maka dalam bahasa asing, secara umum gula semut hanya disebut sebagai Palm Sugar atau Palm Zuiker.

Permintaan akan gula semut terus meningkat dari waktu ke waktu. Ini tidak lepas dari usaha para produsen gula semut yang terus melakukan pendidikan pasar. Terutama terhadap target pasar industri yang sangat mempertimbangkan efisiensi, mereka terus menonjolkan sisi kepraktisan dari gula semut dibandingkan dengan menggunakan gula merah biasa. Wilayah yang terkenal dengan sentra produksi Gula Semut antara lain Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Lebak.

Jenis gula semut[sunting | sunting sumber]

Menurut warnanya terdapat dua jenis gula semut, yaitu yang berwarna merah dan putih. Jenis yang kedua ini salah satunya merupakan hasil temuan dari Wibisono-tech [1]. Selain gula semut original, terdapat pula gula semut varian rasa seperti jahe, kunyit, temulawak dan kayumanis yang di beri merek Legine Gula Semut yang selama ini dipasarkan di Indonesia

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berita Teknologi: Gula semut putih, news, Wibisono-tech,[nonaktif]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]