Guillaume d'Aldrie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Guillaume dari Aldrie merupakan generasi pertama Anglo-Norman dan pemberontak. Sepupu dari, dan pelayan, Guillaume dari Eu, ia dieksekusi pada bulan Januari 1096.

Bersama sepupunya, Aldrie berkonspirasi dengan Roger de Lacy dan Robert de Mowbray untuk membunuh Raja William II dan menempatkan sepupu raja Étienne d'Aumale.

Pada tahun 1095 pemberontak menahan empat kapal dagang Norwegia dan menolak permintaan raja untuk mengembalikan barang dagangan.

Raja William melakukan kampanye kilat, mengalahkan para pemberontak di Newcastle dan menangkap kubu pemberontak di Morpeth. Dia mengepung para pemberontak di Puri Bamburgh dan membangun sebuah kastel yang menghadap kastel yang ada.

Pada bulan Januari 1096 William II mengeksekusi Aldrie dengan cara digantung.[1] Eksekusi terhadap mereka yang memiliki kedudukan sosial yang tinggi sangat tidak biasa pada saat itu. Itu adalah ukuran kekuatan yang tumbuh dari kerajaan William II dari posisinya yang awalnya lemah sehingga ia merasa mampu bertindak dengan cara yang angkuh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frank Barlow, William Rufus (1983), p.357.