Gugus Tugas Reichsleiter Rosenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Reichsleiter Rosenberg Taskforce
Einsatzstab Reichsleiter Rosenberg  (German)
Stempel einsatzstab rr.png
Stempel resmi untuk barang-barang yang dijarah oleh ERR
Tentang Organisasi
DibentukJuli 1940 (1940-07)
DibubarkanMei 1945 (1945-05)
Menteri
Office indukKantor Urusan Luar Negeri NSDAP

Gugus Tugas Reichsleiter Rosenberg (bahasa Jerman: Einsatzstab Reichsleiter Rosenberg atau ERR) adalah sebuah organisasi Partai Nazi yang didedikasikan untuk mengambil kekayaan budaya selama Perang Dunia Kedua.

Gugus tugas ini dipimpin oleh kepala ideolog Partai Nazi, Alfred Rosenberg dari NSDAP Kantor Urusan Luar Negeri (Außenpolitischen Amt der NSDAP atau APA). Antara 1940 dan 1945, ERR beroperasi di Prancis, Benelux negara, Polandia, Negara Baltik, Yunani, Italia dan selanjutnya wilayah Uni Soviet di Reichskommissariat Ostland dan Reichskommissariat Ukraina. Banyak barang yang dirampas berhasil ditemukan oleh Sekutu setelah perang, dan dikembalikan kepada pemiliknya yang sah, tetapi banyak juga yang telah hilang atau disimpan oleh Sekutu sendiri.

Diperkirakan bahwa Nazi Jerman menjarah sekitar tiga juta buku selama perang. Dari jumlah tersebut, lebih dari satu juta ditemukan oleh pasukan Amerika di Hungen, Hesse, pada bulan Mei 1945. Buku-buku tersebut telah dipindahkan ke sana dari Frankfurt pada awal 1944 ketika pemboman yang dilakukan pihak Sekutu menjadi ancaman bagi koleksi barang-barang jarahan, setelah itu dipindahkan kembali ke Perpustakaan Rothschild untuk dikatalogisasi.[1][2][3]

Buku-buku yang dijarah di Riga, November 1943.
Tentara Jerman Nazi dari Divisi Hermann Göring berpose di depan Palazzo Venezia di Roma di 1944 dengan foto yang digasak dari Museo Nazionale di Napoli.
Lukisan Portrait of a Young Man karya Raphael dijarah oleh Jerman dari Museum Czartoryski pada tahun 1939.

Referensi[sunting | sunting sumber]