Grupo Elektra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Grupo Elektra S.A. de C.V.
Sociedad Anónima Bursátil de Capital Variable
Simbol saham BMV: ELEKTRA
BMADXEKT
Sektor Keuangan, Ritel
Didirikan 1950
Markas Kota Meksiko, Meksiko
Tokoh
Ricardo Salinas Pliego, (Ketua)
Carlos Septién, (CEO)
Produk Jasa keuangan, Elektronik konsumen
Pendapatan AS$ 1.800.000.000 (2012)[1]
AS$ 1.500.000.000 (2012)[2]
Karyawan 39.429
Induk Grupo Salinas
Situs web www.grupoelektra.com.mx

Grupo Elektra (BMV: ELEKTRA / BMADXEKT) adalah sebuah perusahaan keuangan dan ritel Meksiko yang didirikan oleh Hugo Salinas Price dan dimiliki oleh Grupo Salinas. Perusahaan ini diperdagangkan pada Bolsa Mexicana de Valores (ELEKTRA) dan pada Pasar Saham Spanyol Latibex (XEKT), dan sebelumnya terdaftar pada Bursa Saham New York (EKT).

Grupo Elektra adalah perusahaan jasa keuangan dan pengecer khusus terkemuka di Amerika Latin, melayani pasar massal dengan menyediakan kredit konsumen.

Grupo Elektra terutama dibagi menjadi dua divisi: ritel dan keuangan. Pada saat yang sama, divisi ritel dibagi menjadi dua wilayah geografis: Meksiko, yang meliputi empat format toko; dan Amerika Latin, di mana hanya format toko Elektra mengoperasikan dan kredit masih diberikan melalui divisi komersial.

Divisi keuangan Grupo Elektra hanya mengoperasikan di Meksiko dan Panama dan termasuk Banco Azteca, sebuah bank yang menawarkan jasa keuangan untuk pasar massal Meksiko; Afore Azteca, pengelola dana pensiun; Seguros Azteca, perusahaan asuransi; dan Circulo de Crédito, biro informasi kredit baru untuk individu di Meksiko.

Grupo Elektra dan Banco Azteca dikritik dalam sebuah artikel majalah BusinessWeek 2007 untuk menyalahgunakan praktik kredit mikro di Meksiko karena hukum kebangkrutan longgar, perlindungan konsumen dan suku bunga di negara.

Grupo Elektra memiliki lebih dari 2.600 toko di Meksiko, Brasil, Argentina, Guatemala, El Salvador, Honduras, Panama dan Peru. Toko-toko yang dimiliki oleh Grupo Elektra menawarkan kredit dalam toko kepada konsumen di Meksiko dan Amerika Tengah dan jasa keuangan melalui Banco Azteca di Meksiko, Panama dan Brasil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]