Lompat ke isi

Grup musik sekolah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Band dari sekolah Sveio saat kejuaraan Norwegia pada tahun 2002

Band sekolah merupakan sekolompok siswa pemain musik yang berlatih dan memainkan alat musik secara bersamaan. Sebuah konser band biasanya dibawah pimpinan seorang dirigen atau lebih. Band sekolah memiliki alat musik tiup kayu dan logam serta alat musik perkusi. Meskipun band tingkat yang tingkatnya lebih tinggi mungkin juga memiliki gitar bass

Band sekolah di Inggris biasanya sama dengan yang ada di Amerika, meskipun brass band yang murni lebih dikenal di sekolah-sekolah daripada di Amerika. Beberapa negara pada umumnya lebih menyukai jenis-jenis band tertentu daripada yang konvensional seperti drum. Gerakan band sekolah di Jepang sangat kuat sekali, yang mana diorganisir di sekitar sistem kompetisi yang sangat besar dan diatur Asosiasi semua All-Japan Band Association. Banyak pengamat internasional band-band sekolah di Jepang beranggapan bahwa mereka yang paling berkesan di dunia, khususnya siswa yang paling muda. Jepang juga merupakan rumah bagi salah satu band konser profesional terkemuka di dunia yaitu Tokyo Kosei Wind Orchestra.

Band siswa SMP di SMA Demachi Jr, Kota Tonami, Toyama, Jepang

Meskipun beberapa siswa belajar alat musik sebelum memasuki sekolah menengah atau SMP, siswa dalam program pendidikan musik di Amerika dan Kanada biasanya memulai kelas band harian saat kelas 6 atau 7. Banyak program band dimulai sejak kelas 4 atau 5. Siswa biasanya membuat sebuah band berdasarkan kelas mereka, yang kemudian dibagi menjadi beberapa bagian untuk memberikan instruksi spesifik instrumen yang baik. Terkadang siswa pemula juga perlu untuk memainkan perekaman selama setahun sebelum mempelajari instrumen lainnya, sehingga dasar-dasarnya seperti skala, teknik ambosur dan sebagainya dapat dipelajari dengan mudah. Persyaratan lainnya mungkin termasuk mempelajari piano atau gitar untuk memahami teori musik dasar, notasi, dsb.

Band pemula terdiri dari siswa termuda di sekolah yang biasanya mengadakan dua atau tiga konser dalam setahun dan mungkin berpartisipasi dalam kontes lokal maupun internasional. Band-band ini diberi musik yang mudah untuk dipelajari, sering kali dengan banyak bagian duplikat atau irama yang sederhana. Siswa terkadang diminta untuk mengingat 12 skala utama. Tergantung pada ukuran sekolah, mungkin ada satu atau tiga band tingkat tinggi setelah band awal. Band-band ini biasanya dibagi mirip dengan band-band SMA. Beberapa sekolah meminta siswa untuk audisi dan di masukkan dalam sebuah band berdasarkan kemampuan mereka pada instrumen.Yang lain akan menugaskan siswa berdasarkan penampilan mereka seperti yang terlihat di kelas. Namun yang lain akan mengurutkan siswa berdasarkan usia dan tingkat kelas mereka. Kebanyakan dari keputusan ini diputuskan oleh dirigen. Band-band tingkat tinggi ini kadang-kadang akan tampil di konser SMP dan rapat umum untuk menambah band SMP setempat, meskipun di sekolah kecil mereka selalu datang ke acara ini. Band pemula biasanya digunakan sebagai ajang pemilihan.

Instrumen yang biasanya di band awal:

  • Alat musik tiup (kayu)
    • Seruling
    • Obo
    • Klarinet
    • Alto, Tenor, dan kterkadang saksofon Bariton
    • Bason
  • Alat musik tiup (logam)
    • Tuba
    • Trombon
    • Terompet
    • Termpet Perancis
    • kadang-kadanf Bariton atau Euphonim

Beberapa band juga memiliki alat perkusi yang memungkinkan mereka untuk bermain

Band SMA di Zuguinchor, Senegal, tahun 1973

Band SMA lebih menantang siswa daripada band SMP. Musik jauh lebih sulit dengan bagian-bagian yang lebih kompleks, misalnya ritme yang berbelit dan kata-kata yang rumit. Gaya yang dipilih juga bervariasi. Band yang lengkap diharapkan dapat memainkan berbagai macam musik, mulai dari program musik yang sulit hingga musik pop. Bagi para siswa, band sekolah adalah bentuk inti dari pendidikan musik yang tersedia bagi mereka di sekolah. Marches adalah kontribusi utama bagi band yang memainkan alat musik tiup (wind band). Terdapat banyak bagian selain marches untuk wind band itu sendiri sekarang, tetapi ada beberapa standar historis yang harus dimasukkan kedalam nyanyian musisi masa kini. Beberapa karya yang paling terkenal diantaranya [./https://en.wikipedia.org/wiki/Gustav_Holst Diarsipkan 2023-07-31 di Wayback Machine. Holst]'s [./https://en.wikipedia.org/wiki/First_Suite_in_E-flat_for_Military_Band Diarsipkan 2023-05-22 di Wayback Machine. First Suite in E-flat], [./https://en.wikipedia.org/wiki/Second_Suite_in_F_for_Military_Band Diarsipkan 2023-05-30 di Wayback Machine. Second Suite in F], [./https://en.wikipedia.org/wiki/Percy_Grainger Diarsipkan 2023-08-06 di Wayback Machine. Grainger's] Children's March dan [./https://en.wikipedia.org/wiki/Lincolnshire_Posy Diarsipkan 2023-03-21 di Wayback Machine. Lincolnshire Posy].