Grup musik pipa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Band Lonach Pipe, Edinburgh, Skotlandia, 2009
Pipa dan Drum Pengawal Irlandia, 2009.

Grup musik pipa adalah ansambel musik yang terdiri dari piper dan drumer.[1] Istilah pipa dan drum, yang digunakan oleh pita pipa militer juga umum.

Bentuk paling umum dari pita pipa terdiri dari satu bagian piper yang memainkan bagpipe Great Highland, satu bagian penabuh snare (sering disebut sebagai 'pemain drum samping'), beberapa pemain drum tenor, dan biasanya satu, meskipun kadang-kadang dua, pemain drum bass . Drummer tenor dan drummer bass secara kolektif disebut sebagai 'bagian bass' (atau di Amerika Utara sebagai 'bagian tengah'), dan seluruh bagian drum secara kolektif dikenal sebagai korps drum. Pita mengikuti arah pipa mayor; saat parade, band ini mungkin dipimpin oleh seorang mayor drum, yang mengarahkan band dengan gada. Instrumentasi standar untuk pita pipa melibatkan 6 hingga 25 piper, 3 hingga 10 drummer samping, 1 hingga 6 drummer tenor, dan 1 drummer bass. Kadang-kadang instrumentasi ini ditambah dengan menyertakan instrumen tambahan (seperti instrumen perkusi tambahan atau instrumen keyboard), tetapi ini biasanya dilakukan hanya dalam suasana konser.

Grup musik pipa dimulai di Resimen Skotlandia Angkatan Darat Inggris, pada abad kesembilan belas.[2] [3] Tradisi tersebut kemudian menyebar ke negara-negara bekas jajahan Inggris seperti Kanada, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, serta konstituen Bangsa-Bangsa Persemakmuran . Selain itu, sejumlah negara lain telah mengadopsi tradisi ini, terutama di daerah dengan akar Celtic : Irlandia (sekitar tahun 1900), [4] Brittany di Perancis Barat Laut (1940an), [5] dan wilayah Galicia, Asturias dan Cantabria di Spanyol Utara.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About Pipe Bands - Overview of the world of Scottish Pipe Bands". DrummingMad (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-25. 
  2. ^ "More on the oldest/Earliest pipe bands". 25 October 2020. 
  3. ^ "Piping PressThe History of Army Piping and Regimental Pipe Bands – Part 1". 29 April 2015. 
  4. ^ "Piping PressThe Origins of Competing Pipe Bands in Ireland". 25 May 2020. 
  5. ^ "The bagadoù of Brittany". 20 February 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]