Grenache

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Grenache
Anggur (Vitis)
Grenache N.jpg
Grenache noir in Viala & Vermorel
kulit beriNoir
SpesiesVitis vinifera
Juga disebutGarnatxa negre, Alicante, Cannonau, Garnacha tinta, Grenache noir
AsalSpanyol
Kawasan terkenalAragon, Alella, Priorat, Roussillon, Rhône, Sardinia, Rioja

Grenache adalah salah satu varietas anggur merah yang paling banyak ditanam di dunia.[1] Ini matang terlambat, sehingga perlu panas, kondisi kering seperti yang ditemukan di Spanyol, di mana anggur kemungkinan besar berasal. Ini juga tumbuh di pulau Italia Sardinia, selatan Prancis, Australia, dan California Monterey AVA dan San Joaquin Valley.

Ini umumnya pedas, berry-rasa dan lembut di langit-langit dan menghasilkan anggur dengan kandungan alkohol yang relatif tinggi, tetapi perlu kontrol cermat hasil untuk hasil terbaik. Profil cita rasa khas Grenache termasuk rasa buah merah (raspberi dan stroberi) dengan bumbu lada putih yang halus. Anggur Grenache sangat rentan terhadap oksidasi, dengan contoh-contoh muda bahkan memiliki potensi untuk menunjukkan warna kecoklatan (atau "bata") yang dapat dilihat di sekitar tepi ketika mengevaluasi anggur pada sudut dalam gelas. Seiring bertambahnya usia Grenache, anggur cenderung memiliki lebih banyak rasa kulit dan tar.[2] Anggur yang dibuat dari Grenache cenderung kurang asam, tanin dan warna, dan sering dicampur dengan varietas lain seperti Syrah, Carignan, Tempranillo, dan Cinsaut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Niels Lillelund: Rhône-Vinene JP Bøger – JP/Politikens Forlagshus A/S, 2004. ISBN 87-567-7140-1, p. 25
  2. ^ Wine & Spirits Education Trust Wine and Spirits: Understanding Wine Quality pp. 6–9, Second Revised Edition (2012), London, ISBN 9781905819157