Grandes écoles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
École Normale Supérieure, salah satu grandes écoles di Paris.

Grandes Écoles (pengucapan bahasa Perancis: [ɡʁɑ̃d.z‿ekɔl], secara harfiah berarti "sekolah-sekolah besar") adalah institusi-institusi pendidikan tinggi di Perancis yang berada di luar kerangka sistem universitas publik. Grandes Écoles sangat selektif dan bergengsi dan lulusannya seringkali mendominasi sektor publik dan swasta di Perancis.[1]

Sebagian besar Grandes Écoles menyeleksi siswa untuk masuk di tingkat pascasarjana, sementara ada juga sekolah yang menyeleksi siswa di tingkat sarjana tahun ketiga. Mereka yang ingin masuk sekolah ini diseleksi berdasarkan peringkat nasional siswa di dalam ujian tertulis dan lisan yang kompetitif. Biasanya para kandidat ujian nasional ini telah menuntaskan kelas persiapan untuk masuk grandes écoles selama dua tahun. Institusi grandes écoles berbeda dari universitas publik di Perancis karena universitas memiliki kewajiban untuk menerima semua siswa yang memiliki ijazah baccalauréat di region tempat institusi tersebut berdiri, dan siswa-siswa ini akan memulai tahun pertama kuliah tingkat sarjana (walaupun universitas masih berhak menyeleksi siswa di tingkat pascasarjana seperti Grandes Écoles). Grande écoles biasanya tidak memiliki banyak siswa; sebagian besar hanya menerima ratusan siswa setiap tahunnya. Grande école dengan jumlah siswa terbesar adalah Arts et Métiers ParisTech yang memiliki 6.000 siswa.

Siswa yang diterima masuk grandes écoles tidak harus mengeluarkan biaya yang besar atau malah digratiskan. Pengecualiannya adalah sekolah-sekolah bisnis yang biasanya menetapkan biaya yang lebih tinggi. Siswa yang miskin bisa mendapat beasiswa seperti di universitas publik.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Angie Power, France's educational elite, The Telegraph, 17 November 2003, diakses 2 Februari 2018.