Classes préparatoires aux grandes écoles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pintu masuk utama Lycée Henri-IV di Paris, salah satu sekolah di Prancis yang membuka akses untuk diterima di grandes écoles.

Classes préparatoires aux grandes écoles (CPGE) (secara harfiah berarti "kelas persiapan untuk masuk sekolah besar"), umumnya disebut classes prépas atau prépas, adalah bagian dari sistem pendidikan Prancis setelah SMA. Siswa yang masuk ke sekolah ini akan melalui dua tahun yang sangat intensif (bisa diperpanjang menjadi tiga atau bahkan empat tahun jika mendapat pengecualian) agar mereka siap menghadapi ujian masuk grandes écoles. Beban kerjanya merupakan salah satu yang tertinggi di dunia,[1] yaitu sekitar 35 dan 45 jam pelajaran, ditambah antara 4 hingga 6 jam ujian tertulis, ditambah lagi 2 hingga 4 jam ujian lisan dalam waktu satu minggu, dan itu belum termasuk pekerjaan rumah.

Siswa yang masuk sekolah ini harus ikut ujian nasional yang sangat kompetitif agar bisa diterima masuk ke Grandes Écoles. Grandes Écoles adalah institusi pendidikan tinggi yang menawarkan pendidikan tingkat pascasarjana (S2 dan S3). Akibat prosesnya yang sangat kompetitif, grandes écoles merupakan institusi yang sangat bergengsi dan telah menghasilkan elit-elit Prancis di bidang politik, ekonomi dan sains.

Terdapat tiga jenis prépas, yaitu sains, ekonomi, dan sastra.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Angie Power, France's educational elite, The Telegraph, 17 November 2003, diakses 2 Februari 2018.