Gordon R. Alley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gordon R. Alley (L. 1934) mendapatkan gelar BA bidang psikologi tahun 1959 dari Augustina, Illinois. Adapun gelar MA bidang psikologi diperoleh pada tahun 1961 dari Universitas Iowa.

Alley pernah berprofesi senagai guru anak-anak bermental terbelakang, psikolog sekolah, dan direktur pada sekolah pendidikan khusus. Selanjutnya ia mengajar di Universitas Utah (1967-1970) sebagai asisten profesor. Selanjutnya menjadi profesor penuh dalam ilmu pendidikan khusus, serta dosen dalam bidang perawatan anak-anak di Universitas Kansas sejak tahun 1970.

Alley menerbitkan banyak artikel di institut untuk riset mengenai tema pengajaran anak-anak penyandang tuna di Universitas Kansas, serta membantu dalam penulisan 12 artikel. Alley juga menyumbangkan sebuah chapter pada Perencanaan Pengajaran bagi Anak Luar Biasa yang berjudul "Essays from Focus on Exceptional Children". Publikasi utamanya adalah "Teaching the Learning Disabled Adolescent: Strategies and Methods". Ia juga memberikan berbagai macam paper, baik secara regional atau nasional.

Karya Alley mempromosikan berbagai alternatif pendekatan terhadap kajian yang tradisional, tutorial, atau yang bersifat remedial sebagai intervensi untuk anak/remaja yang tidak dapat belajar karena berkesulitan belajar. Penelitiannya menekankan pada karakteristik dari perkembangan para remaja dengan menitikberatkan pada strategi-strategi belajar.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alley, G., & Deshler, D. D. (1979). Teaching the learning disabled adolescent: Strategies and methods. Denver: Love.
  2. ^ Alley, G., & Foster, C. (1979). Instructional planning for exceptional children: Essays from focus on exceptional children. Denver: Love.