Goodbye (lagu Gordon Jenkins)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"Goodbye" (kadang-kadang ditulis "Good-Bye") adalah sebuah lagu oleh komposer Amerika Gordon Jenkins, dipublikasikan pada tahun 1935. Itu menjadi terkenal sebagai lagu tema penutup dari Benny Goodman orchestra. Jenkins telah menulis lagu saat bekerja dengan Isham Jones orchestra, dan Jones diduga menolak karena itu adalah "terlalu sedih". Musik kritikus Alec Wilder mengatakan "Goodbye" dikenal sebagai "sebuah lagu sedih yang saya tahu" dan Leonard Feather menyebutnya di antara "sepuluh lagu itu akan sulit untuk lelah mendengarkannya".[1]

Asal[sunting | sunting sumber]

Anak Jenkins, Bruce Jenkins, menulis biografi dari ayahnya berjudul Goodbye: In Search of Gordon Jenkins. Ketika meneliti biografi, Jenkins mewawancarai penyanyi Martha Tilton, yang telah dilakukan dengan Benny Goodman orchestra. Tilton mengungkapkan bahwa lagu itu ditulis oleh Jenkins setelah kematian istri pertamanya dalam melahirkan.

Rekaman[sunting | sunting sumber]

Lagu ini digunakan sebagai tema penutup untuk penyiaran radio oleh Benny Goodman orchestra, dan direkam beberapa kali oleh Goodman pada pertengahan 1930-an. Setelah kematian Goodman pada tahun 1986, Richard Stoltzman telah menyusun "Goodbye" oleh Bill Jenkins untuk klarinet dan string. "Goodbye: In Memory of Benny" direkam oleh Stoltzman dan London Symphony Orchestra di bawah arah Michael Tilson Thomas pada tahun 1992.[2] Susunan lain dalam penghargaan untuk Benny Goodman juga telah direkam oleh Sabine Meyer.

Goodbye juga direkam oleh Frank Sinatra untuk album tahun 1958, Frank Sinatra Sings for Only the Lonely, dan Ella Fitzgerald untuk album tahun 1982 The Best Is Yet to Come. Versi antara Sinatra dan Fitzgerald disusun oleh Nelson Riddle.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jenkins, Bruce (2005). Alec Wilder. In Goodbye: In Search of Gordon Jenkins Diarsipkan 2023-08-07 di Wayback Machine.. Frog, Ltd. p. 3. ISBN 1-58394-126-6. Diakses tanggal 1 Maret 2016.
  2. ^ Liner notes by John Wiser (1993) accompanying "Richard Stoltzman: Copland Clarinet Concerto" on RCA. [1] Diarsipkan 2016-01-17 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]