Gondofares

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gondofares
Gondophares.jpg
Koin perak Gondofares, dicetak di Drangiana
Raja Indo-Parthia
Berkuasakr. 19 – kr. 46
PenerusOrtaghnes (Drangiana dan Arachosia)
Abdagases I (Gandhara)
Wafat46
WangsaWangsa Suren
AgamaZoroastrianisme

Gondofares I adalah pendiri Kerajaan Indo-Parthia dan raja paling berpengaruhnya, memerintah dari 19 sampai 46. Seorang anggota dari Wangsa Suren, ia masuk pada garis pangeran lokal yang memerintah provinsi Parthia Drangiana sejak perseteruannya dengan Indo-Skitia pada sekitar tahun 129 SM. Pada masa pemerintahannya, kerajaannya menjadi independen dari otoritas Parthia dan bertransformasi menjadi kekaisaran, yang meliputi Drangiana, Arachosia, dan Gandhara.[1] Ia dikenal karena Kisah Rasul Tomas, inskripsi Takht-i-Bahi, dan cetakan-cetakan koin berbahan perak dan tembaga.

Ia digantikan di Drangiana dan Arachosia oleh Ortaghnes, dan di Gandhara oleh keponkannya Abdagases I.[2][3]

Orang Majus "Gaspar"[sunting | sunting sumber]

Nama Gondofares diterjemahkan ke dalam bahasa Armenia menjadi "Gastafar", dan kemudian dalam rumpun bahasa Barat menjadi "Gaspar[d]". Menurut teks-teks apokrifa dan tradisi Gereja timur, ia merupakan "Gaspar[d], Raja Persia" yang merupakan salah satu dari tiga orang Majus yang datang saat kelahiran Yesus.[4] Disamping interaksi dan pengaitan tersebut, Gaspar[d] diadopsi oleh bangsa Eropa (dan dalam tradisi Latin) sebagai nama pertama laki-laki.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rezakhani 2017, hlm. 35.
  2. ^ Rezakhani 2017, hlm. 37.
  3. ^ Gazerani 2015, hlm. 25.
  4. ^ Alfred von Gutschmid, Die Königsnamen in den apokryphen Apostelgeschichten, in the Rheinisches Museum für Philologie (1864), XIX, 161-183, nb p.162; Mario Bussagli, "L'art du Gandhara", p.207

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]