Gojūon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gojūon (五十音, 50 bunyi) adalah daftar suku kata bahasa Jepang dalam tabel aksara kana (hiragana, katakana) yang terdiri dari 5 baris berdasarkan bunyi vokal dan 10 kolom berdasarkan bunyi konsonan. Gojūon-jun (五十音順, susunan 50 bunyi) adalah cara mengabjad aksara kana berdasarkan susunan gujūon (aiueo). Susunan gojūon dipakai untuk berbagai keperluan, di antaranya menyusun lema dalam kamus, buku telepon, ensiklopedia, indeks, atau katalog perpustakaan. Selain penyusunan menurut karakter dasar, kanji juga dapat diabjad dengan susunan gojūon untuk aksara kana. Cara lain untuk menyusun aksara kana adalah susunan iroha, tetapi sekarang tidak dipakai lagi.

Gojūon mulanya dibuat untuk menjelaskan hansetsu, yakni metode untuk menyatakan bunyi kanji (oleh Myōgaku dalam Hansetsu Sakuhō, 1093). Di kemudian hari, susunan ini dipakai untuk berbagai keperluan, termasuk untuk belajar aksara bahasa Jepang secara sistematis. Hakushū Kitahara menulis lagu Gojūon yang liriknya dapat membantu anak-anak mengingat aksara kana.

Tabel gojūon[sunting | sunting sumber]

Tabel ini menggunakan sistem penulisan vertikal bahasa Jepang, dan dibaca mulai dari kolom paling kanan, dari atas ke bawah. Untuk setiap aksara hiragana/katakana diberikan romaji dalam alih aksara Hepburn dan Alfabet Fonetis Internasional (IPA).

Tabel ini berisi semua aksara dalam kana, tetapi tidak memuat dakuten seperti が (ga) atau だ (da), atau handakuten pada kolom は (ha).

 /N/ /w/ /r/ /y/ /m/ /h/ /n/ /t/ /s/ /k/ Ø
、ン
[ɴ]2


wa
[ɰa]


ra
[ɺa]


ya
[ja]


ma
[ma]


ha
[ha]


na
[na]


ta
[ta]


sa
[sa]


ka
[ka]


a
[a]
/a/
1

wi
[i]


ri
[ɺi]
 

mi
[mi]


hi
[çi]


ni
[ni]


chi
[tɕi]


shi
[ɕi]


ki
[ki]


i
[i]
/i/
 

ru
[ɺɯ]


yu
[jɯ]


mu
[mɯ]


fu
[ɸɯ]


nu
[nɯ]


tsu
[tsɯ]


su
[sɯ]


ku
[kɯ]


u
[ɯ]
/u/
1

we
[e]


re
[ɺe]
 

me
[me]


he
[he]


ne
[ne]


te
[te]


se
[se]


ke
[ke]


e
[e]
/e/


wo
[o]


ro
[ɺo]


yo
[jo]


mo
[mo]


ho
[ho]


no
[no]


to
[to]


so
[so]


ko
[ko]


o
[o]
/o/
  1. Aksara kana yang jarang dipakai.
  2. Dalam tabel gojūon, ん (n) biasanya tidak dicantumkan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]