Gojko Mitić

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gojko Mitić (Sirilik Serbia : Гојко Митић ; lahir 13 Juni 1940) adalah aktor dan sutradara Jerman-Serbia. Dia mendapatkan popularitas besar di GDR sebagai aktor utama dalam tokoh sejarah dan fiksi India di berbagai film DEFA India. Popularitasnya dapat dikenali dari fakta bahwa baik di GDR dan kemudian di Republik Federal Jerman upaya dilakukan untuk melampirkan label kepadanya: "bos DEFA" di satu sisi, " Winnetou dari Timur" di sisi lain. Namun, Gojko Mitić tidak pernah memerankan peran terakhir dalam sebuah film (walaupun ia melakukannya kemudian di Festival Karl May di Bad Segeberg). Rumusan Winnetou ini lebih mengacu pada kepopuleran Gojko Mitic dibandingkan dengan aktor peran dari Barat, Pierre Brice asal Prancis[1]

Gojko Mitić
Mitić pada Februari 2023
Lahir13 Juni 1940 (umur 83)
Strojkovce, Kerajaan Yugoslavia
Kebangsaan Serbia
 Jerman
PekerjaanAktor, pemeran pengganti, sutradara

Menurut Gojko Mitić, dia berbicara semua bahasa Slavia, Jerman, sedikit Italia, dan Inggris.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, band rock Bulgaria Hipodil membuat lagu, "Bate Goiko", yang didedikasikan untuk Mitić. Pada tahun 2010, dia menerima Penghargaan Brothers Karić di Serbia. Asteroid 147595 Gojkomitić , ditemukan oleh André Knöfel dan Gerhard Lehmann pada tahun 2004, dinamai untuk menghormatinya.  Kutipan penamaan resmi diterbitkan oleh Minor Planet Center pada 27 Januari 2013 (MPC 82401).[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Mitić dikenal dengan serangkaian Red Western dari GDR DEFA Studios , yang menampilkan penduduk asli Amerika sebagai pahlawan, bukan pemukim kulit putih seperti di John Ford 's Western. Dimulai dengan The Sons of Great Bear (1966), ia membintangi 12 film jenis ini antara tahun 1966 dan 1984. Ia berkontribusi pada citra populer penduduk asli Amerika di negara-negara berbahasa Jerman .

Dalam upaya untuk menjauh dari ketenarannya berdasarkan orang-orang Barat ini, Mitic, dalam kariernya selanjutnya, semakin berusaha untuk tampil dalam genre lain, di film, di televisi, dan di atas panggung. Di antara peran lainnya, ia memainkan Spartacus di atas panggung dan membawakan beberapa acara TV.

Dia juga memainkan Winnetou -nya Karl May pada musim-musim di " Karl-May-Festspiele " hingga 2006 di Bad Segeberg dekat Hamburg, Jerman. Dalam satu episode dia berperan di program televisi Jerman Schloss Einstein .


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gojko Mitić". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2023-08-12. 
  2. ^ "MPC/MPO/MPS Archive". www.minorplanetcenter.net. Diakses tanggal 2023-08-12.