Godok-godok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Godok-godok
Godok-godok.png
Godok-godok yang dihidangkan di atas sebuah piring.
Asal
Daftar asal Indonesia
Dari daerah Bengkulu
Pembuat Suku Rejang

Godok-godok adalah nama makanan khas Rejang yang berupa penganan dengan komposisi terdiri dari pisang yang dicampur dengan terigu dan daging buah kelapa yang telah diparut. Setelah adonan tersebut diaduk-aduk, kemudian digoreng.

Cara memasak[sunting | sunting sumber]

Pisang dilumat, kemudian beri garam dan gula diaduk-aduk sehingga padu. Setelah itu, adonan ini dicampurkan dengan terigu dan kelapa yang telah diparut. Sesudah adonan tersebut dipadukan, biasanya ditambah dengan pemanis atau tambahan penyedap lainnya seperti vanila dan keju. Setelah proses tersebut selesai, adonan siap untuk digoreng.

Bidal[sunting | sunting sumber]

Ada sebuah bidal Rejang kuno yang mengaitkan nama masakan ini untuk menasihati seseorang yang melakukan sesuatu tanpa perencanaan dan perhitungan. Pada masa silam, godok-godok biasanya hanya dibuat dengan menggunakan pisang goroah. Seiring waktu dan pisang goroah semakin langka keberadaannya, maka bahan pembuatan godok-godok diganti dengan pisang yang lainnya. Bidal itu adalah:

"Godok-godok pisang goroah. Awak lak menekok coa de botoah."
— Bidal Rejang

Bidal tersebut masih populer di kalangan masyarakat Rejang hingga sekarang, khususnya suku Rejang di wilayah kabupaten Kepahiang dan sekitarnya. Dari peribahasa ini diketahui bahwa pada awalnya memang godo-godok dibuat menggunakan pisang goroah sebagai bahan utama untuk adonannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]