Godgifu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Goda dari Inggris atau Godgifu; (bahasa Prancis: Godjifu; nama Inggris kuno Godgifu atau Godgyfu yang berarti "karunia Tuhan", Godiva nama latin; versi; 1004 – skt. 1047[1]) merupakan putri Raja Ethelred yang Tidak Siap dan istri keduanya Emma dari Normandia, dan saudari Raja Edward sang Pengaku. Ia pertama-tama menikah dengan Dreux dari Mantes, comte Vexin, kemungkinan pada tanggal 7 April 1024,[2] dan memiliki keturunan dengannya sebagai berikut:

Ia menikah yang kedua kali dengan Eustace II pada tahun 1035. Pernikahan tersebut tanpa keturunan.

Setelah Penaklukan Normandia di Inggris oleh William sang Penakluk, wilayah-wilayah yang dimiliki oleh Godgifu di Buckinghamshire diserahkan kepada Knight Bertram dari Verdun, maharaja Farnham Royal, dan Raoul, Comte Fougères.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tanner, Heather J. (2004). "Eustace (II) , count of Boulogne (d. c.1087)". Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. doi:10.1093/ref:odnb/52359.  berlangganan atau keanggotan Perpustakaan Umum Britania Raya diperlukan
  2. ^ Elisabeth van Houts, 'Edward and Normandy', in Richard Mortimer ed., Edward the Confessor: The Man and the Legend, The Boydell Press, 2009, p. 65. She dates Godgifu's death c.1056.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hynde, Thomas (ed). The Domesday Book: England's History Then and Now. (1995)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]