Gintoki Sakata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gintoki Sakata
Tokoh Gin Tama
GintokiSakata.jpg
Gintoki Sakata oleh Hideaki Sorachi
Penampilan
perdana
Gin Tama Lesson 1: Tidak Ada Orang Berambut Ikal yang Seburuk Itu
PenciptaHideaki Sorachi
Pengisi suaraTomokazu Sugita (Jepang)[1]
Haruka Tomatsu[2] (Jepang, berubah kelamin)
Kazuya Nakai (Jepang, berpindah tubuh)
Christopher Patton (Inggris, film pertama)[3]
Michael Daingerfield (Inggris, serial Gintama°)[4]
Sabrina Pitre (Gintoki Muda)

Gintoki Sakata (bahasa Jepang: 銀時坂田, Hepburn: Sakata Gintoki) adalah karakter fiksi dalam serial manga dan anime Gintama yang diciptakan oleh Hideaki Sorachi. Gintoki adalah protagonis dalam serial tersebut dan namanya dijadikan dasar judul serial tersebut. Ia diperkenalkan pertama kali sebagai mantan samurai pemberontak yang hidup dalam Jepang versi fiksi tahun 1860-an setelah diinvasi dan ditransformasi oleh alien. Gintoki dulu bertempur melawan alien penyerang sampai ia kurang mau melakukannya, membuatnya memilih untuk mencari nafkah sebagai seorang tenaga lepas di Edo bersama temannya Shinpachi Shimura dan Kagura untuk membayar biaya sewa bulanan. Selama serial berlangsung, detail lebih lanjut tentang masa lalu Gintoki terungkap membuatnya bertemu dengan mantan teman sebagai musuh. Sebagai karakter utama, Gintoki telah muncul di hampir semua episode serial anime, juga di media lainnya yang berhubungan dengan serial tersebut, termasuk film dan semua permainan video spin-off dan OVA.

Sorahi menciptakan karakter ini karena saran dari editornya untuk membuat samurai berambut perak. Ia awalnya dibuat berdasarkan Hijikata Toshizo, wakil kapten dari pasukan khusus Shinsengumi. Namun, Sorachi berubah pikiran karena ia tidak mau karakter utamanya bekerja dalam sebuah organisasi dan akhirnya merubah modelnya menjadi seperti sekarang. Dalam serial anime Gintoki disuarakan oleh Tomokazu Sugita yang menikmati perannya. Untuk film pertama yang dirilis dalam bahasa inggris, Gintoki diisi oleh Christopher Patton, pada episode terbaru ia digantikan oleh Michael Daingerfield. Shun Oguri memerankan Gintoki dalam film laga hidup.

Karakter Gintoki telah mendapat banyak tanggapan kritis dari berbagai peninjau dan publikasi manga, anime, dan media lainnya. Walaupun pendapat tentang Gintoki selalu positif, penulis juga mengkritik karakterisasinya pada beberapa arc. Ketika ia pernah memparodikan seorang politisi Jepang pada tahun 2016, perusahaan di balik manga tersebut, Shueisha, menyatakan tekanan dan tawa. Gintoki juga tetap populer di kalangan penggemar, menduduki peringkat satu di semua poling popularitas. Barang dagangan Gintoki juga telah dirilis, termasuk figur aksi.

Pembuatan dan pengembangan[sunting | sunting sumber]

Ketika mencucuk pendapat tentang judul untuk manganya, editor Hideaki Sorachi berkomentar. "Apa kau pikir samurai berambut perak akan terlihat keren?" hal ini menginspirasi Sorachi untuk membuat karakter utama setelah memutuskan serial manga tersebut dinamakan Gintama.[5] Rencana pertama Sorachi untuk serial besar pertamanya adalah memusatkannya dengan versi fiksi Shinsengumi, alasannya untuk menunggangi popularitas Shinsengumi!, sebuah drama Jepang yang dibintangi oleh aktor idola sebagai pasukan polisi khusus yang terkenal tersebut. Namun, versi Sorachi direncanakan agar sebisa mungkin tidak realistis; pasukannya termasuk pria dan wanita yang memiliki sifat aneh tidak seperti Shinsengumi yang asli, dan itu akan meresap ke dalam banyak karakter yang akan menjadi bagian dari manganya. Salah satu dari karakter dalam kumpulan ini adalah pria berambut perak yang menjadi perwakilan dari anggota yang menonjol Hijikata Toshizo. Sorachi terutama menyukai Hijikata dan menginginkan karakter ini menjadi pahlawan dalam serinya walaupun kurangnya kemiripan dengan Hijikata yang asli.[6]

Walaupun Sorachi menyukai desain yang ia buat untuk karakter Hijikata berambut perak, ia tidak dapat menggambarkan karakternya ataupun mencari tahu apa yang akan ia lakukan di dalam seri itu. Ia mempertimbangkan untuk membatalkan karakternya dan editornya hampir memaksanya untuk menyerah setelah konsep awal Shinsengumi runtuh. Akhirnya diputuskan bahwa karakter berambut perak akan menjadi karakter utama orisinil, sementara Shinsengumi akan digambarkan sebagai lapisan tambahan untuk komedi. Dengan cepat memberi nama panggilan "Gin-san", konsep awal dari Hijikata berambut perak dihancurkan dan Sorachi membuat kembali karakter utamanya dari dasar hingga menjadi pekerja lepas bermata ikan mati di dalam serial itu.[6] Konsep di balik karakter Gintoki adalah ia merupakan orang yang kuat yang tidak masuk dalam organisasi apapun dan cenderung untuk mengabaikan peraturan. Walaupun Gintoki secara kasar dibuat berdasarkan Sakata Kintoki, Sorachi tidak bermaksud untuk menjadikan Gintoki keturunan dari Sakata.[7] Tidak seperti pahlawan lainnya di dalam serial manga, Gintoki tidak menjalani perkembangan karakter. Hal ini berhubungan dengan latar belakang karakter karena beberapa hal di dalam hidupnya berubah karena invasi Amanto dan berharap beberapa hal tidak berubah.[8]

Untuk serial anime, Gintoki diisi suaranya oleh Tomokazu Sugita dalam bahasa Jepang. Ketika mengetahui bahwa ia dipilih untuk mengisi suara karakter utama Gintama Sugita ingin sombong agar cocok dengan karakter. Namun, ia lalu memandang lebih jauh tentang karakter Gintoki; memahami bahwa Gintoki hidup dengan banyak bantuan orang, Sugita mengubah pola pikirnya ketika mengisi suaranya.[9] Dalam film pertama dub Inggris, Ia diisi suaranya oleh Chris Patton,[10] dan Michael Daingerfield mengisi suara Gintoki di serial Gintama°.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Director: Shinji Takamatsu (April 4, 2006). "???????!!???????????????". Gin Tama. TV Tokyo. 
  2. ^ "Upcoming Gintama Episode Features Gender-Swapped Characters". 
  3. ^ http://www.voiceofchrispatton.com/
  4. ^ a b "Crunchyroll Adds English Dub of "Gintama Season 3"!". Crunchyroll. February 2, 2017. Diakses tanggal February 2, 2017. 
  5. ^ Sorachi, Hideaki (2008). Gin Tama, Vol. 5. Viz Media. hlm. 46. ISBN 978-1-4215-1618-9. 
  6. ^ a b Sorachi, Hideaki (2008). Gin Tama, Vol. 6. Viz Media. hlm. 126. ISBN 978-1-4215-1619-6. 
  7. ^ Sorachi, Hideaki (2008). Gin Tama, Vol. 7. Viz Media. hlm. 50. ISBN 978-1-4215-1620-2. 
  8. ^ "Quick Japan" (dalam bahasa Japanese). No. 86. Otashuppan. October 2009. hlm. 22–41. ISBN 978-4778311940. 
  9. ^ Gintama Shinyaku Benizakura Hen. Aniplex. 2010. 
  10. ^ Beveridge, Chris (May 11, 2012). "First 'Gintama: The Movie' Dub Cast Credits Revealed". The Fandom Post. Diakses tanggal August 19, 2013.