Gian Paolo Dallara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gian Paolo Dallara
PekerjaanInsinyur
Tahun aktif1960-sekarang

Gian Paolo Dallara (lahir 16 November 1936) adalah seorang pengusaha dan insinyur asal Italia. Ia merupakan pemilik Dallara Motorsport, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan sasis mobil balap single seater.

Profil[sunting | sunting sumber]

Dallara merupakan lulusan dari Politeknik Milan jurusan aeronautical engineering. Ia kemudian bergabung dengan Ferrari pada tahun 1960. Tahun berikutnya ia pindah ke Maserati.

Pada 1963 ia diangkat menjadi chief designer Lamborghini, di mana ia merancang mobil Lamborghini Espada dan Miura. Kemudian di 1969 ia mulai merancang mobil untuk Frank Williams.

Dallara[sunting | sunting sumber]

Dallara Automobili didirikan di Parma, Italia pada 1972. Di 1974 Gianpaolo bersama tim kecilnya mulai merancang mobil F1 untuk tim Williams. Selain itu ia juga merancang mobil F3. Hasilnya adalah deretan kemenangan di Italia, Prancis, Inggris, Swiss, Jerman, Jepang, Amerika Serikat, Rusia, dan Austria.

Kemudian di akhir 1980-an sasis-sasis bikinan Dallara banyak dipakai oleh mayoritas tim F1 saat itu. Dan pada 1997 Dallara melebarkan sayap keajang IndyCar, dengan raihan gelar juara di 1998 sampai 2003.

Dallara sempat dihubungi oleh Honda untuk projek F1 di akhir 1998. Namun gagal karena Honda berubah pikiran dan akan turun di F1 hanya sebagai pemasok mesin saja. Kemudian di awal 2000, Dallara turun diajang Le Mans dengan membangun mobil untuk tim Prancis ORECA.