Geumbi (Shinbi's House)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Geumbi)
Geumbi
금비
Gŭmbi
Tokoh Shinbi's House
Geumbi pada Shinbi's House musim 3.
Penampilan
perdana
Shinbi's House: The Secret of the Cave
PenciptaCJ E&M
Pengisi suaraJeong Hwa-yang
Umur
  • Sekitar 600 tahun[a]
  • Sekitar 1.000 tahun[b]
Informasi
Nama lengkapGeumbi
AliasGeumbi
Geunbi (Shinbi)
JulukanMakhluk Emas (sebelum mengenal Geumbi)[1]
RasGoblin
Jenis kelaminPerempuan
PekerjaanMenjaga harta karun (dulunya)[1]
SenjataYoyo[1]
KeluargaKetua goblin (kakak sulung)[2]
Kakak-kakak lainnya[2]
Kewarganegaraan Korea Selatan

Geumbi (Pengucapan Korea: [gɯmbi]), adalah salah satu karakter protagonis utama dalam Shinbi's House. Ia diisi suara oleh Jeong Hwa-yang. Sementara, untuk pengisi suara bahasa Indonesia (dubbing), ia diisi suara oleh Uphite Tea (musim 2), Esti Rohmiati (musim 3 dan 4), dan Hanimah (musim 5).[3][4]

Geumbi pertama kali muncul sebagai sosok misterius yang disebut sebagai Makhluk Emas. Pada saat itu, Geumbi tinggal di rumah jerami yang berada di ujung gua. Sejak kehilangan kakak-kakaknya, Geumbi tinggal sendirian dan menjadi kesepian. Kemudian ia menggunakan kekuatannya untuk menciptakan makhluk dari boneka jerami untuk menemaninya. Sejak rumah Geumbi hancur karena makhluk yang disegel dalam patung batu lepas, Geumbi kehilangan sebagian ingatannya. Kemudian Hari dan teman-temannya mengajak Geumbi untuk tinggal bersama mereka. Kemudian sejak saat itu, Geumbi tinggal di lubang selokan bersama Shinbi, menjadi keluarga dan teman barunya.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Ciri fisik[sunting | sunting sumber]

Secara umum, Geumbi memiliki fisik yang sama dengan Shinbi, seperti mata yang besar, tubuh pendek, memiliki 4 jari, daun telinga bulat, dan tangan serta kaki yang pendek. Bedanya, Geumbi memiliki pipi merah, hidung kecil yang runcing, memiliki alis mata, berkulit kuning, serta mata yang berbentuk lonjong seperti telur.

Pakaian[sunting | sunting sumber]

Gaun berwarna merah muda dengan pola jam pasir dan pita merah.

Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Geumbi selalu muncul sejak kemunculan pertamanya di film pertama, kecuali di season 3 episode 17 dan 20.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Geumbi lebih bijaksana daripada Shinbi serta lebih dewasa, berbeda dengan Shinbi yang lebih kekanak-kanakan. Geumbi memiliki sifat yang umumnya dimiliki gadis, yaitu suka pria tampan seperti Kanglim dan Leon. Uniknya, tidak seperti gadis-gadis umumnya yang berteriak dan mengejarnya kalau ada pria tampan yang disukainya, Geumbi hanya menemuinya dan tersenyum, menyapa seperti "Halo, kakak tampan". Geumbi memiliki sifat suka memberi, seperti saat bertemu Kanglim atau Leon, Geumbi memberikan kue buatannya kepada mereka. Geumbi juga pernah memberikan yoyo kepada Shinbi sebagai hadiah, yang kemudian yoyo itu digunakan Shinbi sebagai senjatanya di season 2 bagian 2. Selain itu, Geumbi juga suka mendekorasi.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Kesaktian[sunting | sunting sumber]

Geumbi memiliki kesaktian yang luar biasa dan kemampuan seperti teleportasi, mencium energi makhluk, dan mengeluarkan cahaya goblin. Berbeda dengan Shinbi yang punya mantra yang umumnya dapat memanipulasi makhluk dan menghindari makhluk, Geumbi memiliki mantra yang berhubungan dengan waktu, seperti mantra pengembali waktu, mantra pembeku waktu, dan lain-lain. Geumbi juga memiliki mantra lain seperti mantra pengurung dan mantra pelindung. Mantra pengembali waktu memiliki kemampuan mengatur dan memanipulasi waktu pada lingkungan dan benda ke waktu sebelumnya; sementara mantra pembeku waktu pernah digunakan Geumbi untuk membekukan lava panas saat berada di bawah tanah. Mantra pengurung dapat mengurung makhluk hidup dalam suatu benda, tidak peduli benda itu kecil atau besar; sementara mantra pelindung pernah digunakan Geumbi untuk melindungi diri dari serangan S'cute.

Kelemahan[sunting | sunting sumber]

Ketika sudah menggunakan mantra, maka kekuatan Geumbi akan habis dan perlu waktu untuk mengisinya kembali penuh. Seperti goblin lainnya tidak boleh membunuh manusia, karena menurut peraturan yang ditetapkan, goblin tidak boleh membunuh manusia meskipun jahat. Jika goblin melawan kodrat, maka ia akan terkurung. Goblin yang baik akan menjadi makhluk jahat ketika ia terlalu marah atau sedih. Namun sepertinya itu tidak berlaku bagi Geumbi, karena Geumbi memiliki hati yang lembut dan tidak memiliki sifat balas dendam seperti kakak-kakaknya dan Shinbi.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Di situs resmi, usia Geumbi sekitar 600 tahun.
  2. ^ Di film pertama, ketika Shinbi mengatakan kalau usia Shinbi sekitar 100 tahun, Geumbi menjawab kalau usia Geumbi 10 kali lipat dari usia Shinbi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Shinbi's House: The Secret of the Cave
  2. ^ a b Shinbi's House musim 2, episode terakhir
  3. ^ "Season 3 Shinbi Haunted House Ghost Ball Double X Segera tayang di Net". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-26. Diakses tanggal 2021-07-26. 
  4. ^ "Liputan acara Shinbi Haunted House hanya di Net". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-20. Diakses tanggal 2021-07-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]