Geronimo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Geronimo dengan busur tradisional Apache dan panahnya.

Geronimo (juga Goyaałé 'Orang yang Menguap' atau Goyathlay), (16 Juni 182917 Februari 1909) adalah seorang pemimpin bangsa Amerika Asli dari suku Apache yang lama berperang melawan pengambilan tanah milik suku Apache oleh para pemukim keturunan Eropa.

Ia terkenal sebagai pemimpin yang hebat dalam penyerbuan dan peperangan, ia sering memimpin banyak pria dan wanita di luar kemampuannya sendiri. Pada suatu waktu, ia akan memimpin sekitar 30 hingga 50 Apache.

Selama periode konflik terakhir Geronimo dari tahun 1876 hingga 1886, ia "menyerah" tiga kali dan menerima kehidupan dalam reservasi Apache di Arizona. Kehidupan reservasi terbatas pada orang-orang Apache yang bergerak bebas, dan mereka membenci pembatasan pada cara hidup adat mereka.

Pada tahun 1886, setelah pengejaran besar-besaran di Meksiko utara oleh pasukan Amerika yang mengikuti "pelarian" cadangan ketiga 1885 Geronimo, Geronimo menyerah untuk terakhir kalinya kepada Letnan Charles Bare Gatewood, seorang lulusan Point Barat yang berbahasa Apache yang telah mendapatkan banyak rasa hormat dari Geronimo. Sejak bertahun-tahun sebelumnya.[1] Geronimo kemudian dipindahkan ke Jenderal Nelson Miles di Skeleton Canyon, tepat di utara perbatasan Meksiko atau Amerika. Miles memperlakukan Geronimo sebagai tawanan perang dan segera bertindak untuk memindahkan Geronimo, pertama ke Fort Bowie, lalu ke stasiun kereta api di Stasiun Bowie, Arizona, tempat ia dan 27 Apache lainnya dikirim untuk bergabung dengan sisa suku Chiricahua, yang telah sebelumnya diasingkan ke Florida.

Sambil menahannya sebagai tahanan, Amerika Serikat memanfaatkan ketenaran Geronimo di antara orang-orang non-Indian dengan menunjukkannya di berbagai acara. Bagi Amerika Serikat, ini memberikan bukti keunggulan cara Amerika. Bagi Geronimo, itu memberinya kesempatan untuk menghasilkan sedikit uang. Pada tahun 1898, misalnya, Geronimo dipamerkan di Pameran Trans-Mississippi dan Internasional di Omaha, Nebraska. Setelah pameran ini, ia sering menjadi pengunjung pameran, pertunjukan, dan acara-acara publik lainnya. Dia menghasilkan uang dengan menjual foto dirinya, busur dan anak panah, kancing kemejanya, dan bahkan topinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Debo, Angie (1976). Geronimo: The Man, His Time, His Place. University of Oklahoma Press. hlm. 13. ISBN 978-0-8061-1828-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]