Gereja Yesuit, Hall in Tirol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Yesuit
Gereja Katolik Stasi Semua Orang Kudus, Hall in Tirol
Jerman: Jesuitenkirche
Gereja Yesuit, Hall in Tirol
LokasiHall in Tirol
NegaraAustria
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSemua Orang Kudus
Tanggal konsekrasi2 Mei 1610
Arsitektur
StatusGereja stasi
Status fungsionalAktif
GayaBarok
Peletakan batu pertama1608
Selesai1610
Administrasi
ParokiStadtpfarrkirche Hall in Tirol
KeuskupanKeuskupan Innsbruck

Gereja Yesuit (Jerman: Jesuitenkirche) adalah sebuah gereja stasi Katolik yang terletak di Hall in Tirol, Austria. Gereja ini didedikasikan kepada “Semua Orang Suci” yang dirayakan pada 1 November.

Secara administratif, gereja ini merupakan stasi dalam cakupan wilayah paroki Stadtpfarrkirche Hall in Tirol, dalam yurisdiksi Keuskupan Innsbruck.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ordo Yesuit ditunjuk pada tahun 1569 untuk memberikan perawatan spiritual bagi Biara Wanita dari Adipati Agung Magdalena Austria di Hall. Pada tahun 1571 sebuah kapel rumah didirikan. Pada tahun 1573, sekolah menengah Jesuit didirikan, yang masih ada sampai sekarang sebagai Franziskanergymnasium. Peletakan batu pertama untuk gereja Kolese Yesuit Hall sendiri dilakukan pada tahun 1608, dan setelah dua tahun pembangunan, konsekrasi dilakukan pada tanggal 2 Mei 1610. Dibangun oleh Jesuit Stefan Huber berdasarkan model Gereja Yesuit di Konstanz. Selain gereja tetangga Frauenstift, ini adalah satu-satunya gereja Renaisans Akhir di Tyrol. Pada tahun 1684 dibangun kembali luar dan dalam dengan gaya Baroque.

Setelah ordo Yesuit dihapuskan pada tahun 1773, perguruan tinggi dan gereja menjadi milik keluarga kekaisaran dan, setelah berakhirnya monarki, menjadi milik Republik Austria. Setelah restorasi besar-besaran, gereja tersebut disumbangkan ke paroki St. Nikolaus zu Hall di Tirol pada tahun 1972. Perlindungan dirayakan sebagai kebaktian rutin pada malam Hari Semua Orang Kudus. Gereja ini juga digunakan untuk pernikahan dan konser, serta untuk perayaan “Marian Congregation of Lords and Citizens of Hall in Tirol”.

Gereja Jesuit adalah gereja jemaat Kongregasi Maria Para Penguasa dan Warga di Hall di Tirol, yang dipisahkan pada tahun 1606 dari Kongregasi Siswa Sekolah Menengah Jesuit Hall yang didirikan pada tahun 1578, sebagai cabang untuk pria dewasa. Selain itu, gereja adalah rumah bagi Garda Partisan, salah satu dari empat penjaga sakramen terakhir di Tyrol (warisan budaya takbenda UNESCO Austria sejak 2013). Pengawal Partisan kembali ke tradisi Persaudaraan Corpus Christi dan mengambil namanya dari senjata perwakilannya, Partisane. Yang istimewa dari Hall Partisan Guard adalah kostum istana Spanyolnya yang berasal dari sekitar tahun 1600.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Altar tinggi

Fasad pintu masuk dengan jendela lorong panjang disusun secara horizontal oleh cornice dan memiliki atap pelana melengkung dan bengkok dengan plesteran tulang rawan dan portal marmer merah dari tahun 1610 diapit oleh kolom-kolom dengan volute gable yang ditiup. Patung-patung pada fasad, jenis Madonna dan Anak Patrona Bavariae, sosok Salvator Mundi dan seekor merpati Roh Kudus, dibuat pada tahun 1653 oleh Michael Gasser dibuat.[1] Terdapat menara ramping dengan puncak segi delapan di sebelah timur kubah paduan suara dan bawang, yang dibangun kembali setelah Gempa Hall tahun 1670 yang hebat pada tahun 1685.

Interior nave tunggal terdiri dari nave lima rongga dan paduan suara dengan apse, barrel vault dan stitch cap yang tersembunyi . Ini memiliki relung samping melengkung dan pekerjaan plesteran dari tahun 1653. Kecuali altar Rococo, semua perabotannya berasal dari abad ke-17. Altar tinggi yang menggambarkan banyak orang suci (Semua Orang Kudus) dilukis pada tahun 1609 oleh Johann Matthias Kager dari Augsburg. Pipi bangku dan bagian atas ruang pengakuan dosa memiliki hiasan ukiran yang kaya.

Gua Natal Barok dari Kongregasi Maria

Pada tahun 1663 Kapel Franz Xaverius ditambahkan ke sudut barat laut. Sebuah adegan kelahiran Yesus bergaya barok dengan tokoh-tokoh berpakaian didirikan di sana setiap tahun pada waktu Natal. Ini kembali ke salah satu adegan kelahiran Yesus tertua di Tyrol. Gambar latar belakang dilukis dengan minyak di atas kanvas yang menutupi seluruh ketinggian ruangan pada tahun 1938 oleh pelukis Hall Franz Xaver Fuchs. Patung-patung kelahiran Yesus dipulihkan sepenuhnya antara tahun 1989 dan 1993 bekerja sama dengan Kantor Monumen Federal Austria. Anggota Kongregasi Maria bertanggung jawab atas instalasi tersebut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reinhard Rampold: Kelompok penyaliban kapel kastil Freundsberg - karya yang baru ditemukan oleh pematung Hall Michael Gasser. Dalam: Heimatseiten - Schwazer Kulturmagazin No. 66, 2009, hal. 11– 15 (PDF; 3.2 MB)
  • Templat:Tiroler Kunstkataster
  • Marion Sauter: Die oberdeutschen Jesuitenkirchen (1550–1650), Bauten, Kontext und Bautypologie. Michael Imhof Verlag, 2004, ISBN 3-935590-83-0.
  • Schenkungsvertrag am 9. August 1972 zwischen der Republik Österreich als Geschenkgeber und Stadtpfarrkirche St. Nikolaus Hall in Tirol als Geschenknehmer.
  • Hall in Tirol – Stadtbuch. Herausgeber Stadtgemeinde Hall in Tirol. Verlag Steiger, 1996, ISBN 3-85423-004-4.
  • Karl Wurzer, Ludwig Spötl und Edith Linder: Sakramentsgarden in Tirol. Golf Verlag, 2014, ISBN 978-3-900773-83-0.
  • Franz Caramelle, Richard Frischauf (1985) (dalam bahasa Jerman), Die Stifte und Klöster Tirols, Innsbruck – Bozen: Tyrolia – Athesia, hal. 138–139, ISBN 3-7022-1549-2 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]