Lompat ke isi

Gereja Stigmatisasi Santo Fransiskus, Budapest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Stigmatisasi Santo Fransiskus
Gereja Katolik Paroki Stigmatisasi Santo Fransiskus dari Assisi, Várkerület
bahasa Hungaria: Szent Ferenc sebei templom
Gereja Stigmatisasi Santo Fransiskus
LokasiJalan Fő, Várkerület, Distrik Kastil Buda, Budapest
Negara Hungaria
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiStigmatisasi Santo Fransiskus
Arsitektur
StatusGereja paroki
Status fungsionalAktif
ArsitekHans James
GayaBarok
Dibangun1703 - 1731
Administrasi
ParokiVárkerület
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Esztergom-Budapest

Gereja Stigmatisasi Santo Fransiskus (bahasa Hungaria: Szent Ferenc sebei templom) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang dibangun pada pertengahan abad ke-18, dalam Gaya Barok, terletak di Buda, Budapest, di sekitar alun-alun Batthyány tér.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama Pendudukan Turki di Buda, masjid dan turbe Pashtun Magtúl Mustafa (Sokollu Mustafa Pasha) berdiri di sini. Kompleks ini dibangun oleh arsitek terkenal abad ke-16 Mimar Sinan.[1][2] Kompleks ini mungkin selamat atau tidak dari pengepungan Buda pada tahun 1686.[3]

Pelayanan rohani umat Katolik dilakukan sejak pertengahan abad ke-17 oleh para biarawan Fransiskan Bosnia, yang tetap tinggal di kota tersebut setelah pengepungan Buda Habsburg|merebut kembali Buda pada tahun 1686. Pada tahun 1703, pembangunan biara dan gereja dimulai. Arsiteknya adalah Hans James.[1] Batu fondasi gereja yang sekarang diletakkan pada tahun 1731 dan ditahbiskan pada tahun 1757 oleh Károly Zbiskó.[1] Sebagian besar barang Barok yang masih terlihat sampai sekarang (altar, mimbar, dan bangku) dibuat oleh bengkel milik para biarawan.

Namun, berdasarkan dekrit Joseph II, Kaisar Romawi Suci, biara tersebut harus diserahkan pada tahun 1785 kepada saudara perempuan Santa Elizabeth dari Wangsa Árpád yang tiba dari Wina, yang mengubah biara tersebut menjadi rumah sakit.[4] Mereka melanjutkan pelayanan keperawatan untuk "pasien tanpa pengawasan" hingga tahun 1950. Setelah itu, 69 perawat harus berangkat ke rumah sakit dan keperawatan yang baru didirikan. rumah [2] Fasilitas ini dioperasikan hingga tahun 1990. Saat ini, rumah sakit tersebut dijalankan oleh badan amal Malta yang dikenal sebagai Panti Jompo untuk Lansia.

Gereja ini telah digunakan sejak tahun 1989 oleh para pastor Katolik berbahasa Jerman di Budapest.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Ornamen yang kaya pada interior gereja sebagian besar merupakan karya seniman Fransiskan dari abad ke-18.[1]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama www.esztergomi-ersekseg.hu
  2. ^ Yilmaz, Mehmet Emin. (2021). Masjid dan Masjid Sokollu Mustafa Pasha di Budin. Di Bayram, B. dkk. (red). Buku Prosiding. Universitas Ahmet Yesevi. hal. 743-762.
  3. ^ Ozguven, Burcu. (1999) Seorang Beylerbeyi dari Budin: Sokollu Mustafa. Dalam Fafescioglu, C. & Thys-Senocak, L. (ed). Tulisan untuk Aptullah Kuran: Esai untuk Menghormati Aptullah Kuran. YKY Istanbul. hal. 253-263.
  4. ^ "Budapest, Szent Ferenc Sebei templom (Erzsébet apácák temploma) (Budapest, Gereja Santo Fransiskus Pedang (Gereja Biarawati Elisabeth))". templom.hu. Diarsipkan dari ,0 versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2016-03-04.