Gereja Santo Yohanes Pembaptis, Mumbai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Reruntuhan Gereja Santo Yohanes Pembaptis di Andheri, yang dibangun oleh Portugis pada 1579

Gereja Santo Yohanes Pembaptis adalah sebuah reruntuhan gereja yang sekarang terletak di Kawasan Industrial SEEPZ, Andheri (Mumbai). Gereja tersebut dibangun oleh Yesuit Portugis pada 1579 dan dibuka untuk ibadah umum pada perayaan Yohanes Pembaptis tahun tersebut. Gereja tersebut juga memiliki sebuah pemakaman. Gereja tersebut hancur pada 1840 setelah sebuah epidemik menyerang desa tersebut. Fr. José Lourenço Pais, yang pada waktu itu menjadi Vikar Kondivita memindahkan gereja ke desa Marol. Tempat pembaptisan, pilar dan altar dipindahkan ke gereja baru.

Seteah hancur, gereja tersebut menjadi bobrok dan lumut-lumut bermunculan di reruntuhan tersebut. Meskipun hancur, umat Kristen asli mengunjungi gereja tersebut sekali setiap tahun, sesuai dengan tradisi di seluruh dunia.

Gereja tersebut diserahkan kembali kepada Fr. Rodney Esperance dari Keuskupan Bombay pada 2003 oleh Ketua Menteri Maharashtra pada waktu itu Sushil Kumar Shinde.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CM gives SEEPZ church back to archdiocese". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-20. Diakses tanggal 2016-10-03.