Gereja Santo Thorlak, Reyðarfjörður

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Santo Thorlak
Gereja Santo Thorlak, Reyðarfjörður
Islandia: Kirkja St. Þorlák
LokasiReyðarfjörður
Negara Islandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusParoki
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Reykjavík

Gereja Santo Thorlak[1] (Islandia: Kirkja St. Þorlák) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Kapúsínaklaustrið á Kollaleiru, di kota Reyðarfjörður, Austurland (wilayah timur) negara Islandia.

Gereja Santo Thorlak mengikuti ritus Romawi atau Latin dan terletak di dalam Keuskupan Reykjavík (Dioecesis Reykiavikensis), ibu kota Islandia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tulang kayu gereja dibangun di Slovakia, kemudian dibongkar dan dikirim ke Islandia.[2] Uskup setempat (juga dari Slovakia) meminta bantuan sukarelawan di Hriňová. Gereja ini dibangun dan kemudian dirakit di Reyðarfjörður dengan bantuan para sukarelawan dan juga sumbangan materi mereka. Orang Slovakia, Polandia, dan lainnya yang bekerja di Islandia merelakan akhir pekan mereka untuk membangun gereja di lokasi tersebut.[3]

Santo Thorlak[sunting | sunting sumber]

Gereja ini didedikasikan untuk Torlak Torhallsson yang dikenal di gereja sebagai Santo Thorlak[4] (St. Þorlák), seorang religius Katolik Islandia yang mendirikan biara Augustinian pertama di Islandia. Peninggalannya di gereja Skálholt dijarah selama Reformasi Protestan. Statusnya sebagai santo pelindung Islandia diakui oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1984[5] hampir 800 tahun setelah kematiannya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gereja St. Thorlak Reyðarfirði, Islandia
  2. ^ gift-from-slovakia-to-icelandic-catholics-30152 "Gereja indah ini adalah hadiah dari Slovakia untuk umat Katolik Islandia" Periksa nilai |url= (bantuan). www.catholicnewsagency.com. Diakses tanggal 2020-07-01. 
  3. ^ "Hriňovský Kostolík Na Islande". www.youtube.com. Diakses tanggal 2020-07-01. 
  4. ^ "ST. THORLAK—1133-1193". www.ewtn.com. Diakses tanggal 2016-04-05. 
  5. ^ Catholic News Agency =93 http://www.catholicnewsagency.com/saint.php?n =93 Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal 2016-04-05.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)