Gereja Santo Leodegarius, Luzern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Santo Leodegarius
Gereja Paroki Santo Leodegarius, Luzern
Jerman: St. Leodegar im Hof atau Hofkirche St. Leodegar
Gereja Santo Leodegarius, Luzern
LokasiLuzern
NegaraSwiss
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanto Leodegarius
Arsitektur
StatusGereja Paroki
Status fungsionalAktif
Peletakan batu pertama735
Selesai1639
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Basel
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Joseph Maria Bonnemain

Gereja Santo Leodegarius (Jerman: St. Leodegar im Hof atau Hofkirche St. Leodegar) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di kota Luzern, Swiss. Dibangun sebagian dari tahun 1633 hingga 1639 di atas fondasi basilika Romanesque, dimulai pada tahun 735, yang terbakar pada tahun 1633. Gereja ini adalah salah satu dari sedikit gereja yang dibangun di utara Pegunungan Alpen selama Perang Tiga Puluh Tahun dan satu salah satu gereja kaya sejarah seni terbesar pada periode renaisans akhir Jerman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-8 sudah ada sebuah biara yang ditahbiskan untuk Santu Maurice di lokasi gereja saat ini, yang telah disumbangkan oleh Pepin si Pendek, dan pada saat itu dikenal sebagai Monastarium Luciaria. Pada abad ke-12 biara ini berada di bawah yurisdiksi Biara Murbach, yang santo pelindungnya adalah Santo Leodegar.

Pada tahun 1291 biara itu dijual ke Habsburg. Pada tahun 1433 kota Luzern, yang sekarang menjadi anggota Eidgenossenschaft, mengambil alih biara tersebut, dan pada tahun 1455 diubah dari Benediktin menjadi gereja “tatanan universal”.

Biara mengalami masa kejayaan pada masa reformasi karena Luzern menjadi kota terkemuka di kanton Katolik Swiss. Nuncio kepausan, yang tinggal di Luzern, menggunakan gereja tersebut sebagai katedralnya selama ini.

Pada tahun 1874 gereja paroki St. Leodegar didirikan dan dengan itu gereja tersebut sekaligus menjadi gereja biara dan gereja paroki, seperti sekarang ini.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°03′21″N 8°18′51″E / 47.0557°N 8.31405°E / 47.0557; 8.31405